PENGUMUMAN

ARTIKEL KEARSIPAN

JULIARDI NURFIKRI

BINTEK PENGELOLAAN ARSIP DESA

Redaksi | Selasa, 07 November 2017 - 14:21:24 WIB | dibaca: 2695 pembaca

Dalam rangka untuk lebih memaksimalkan kemampuan aparatur pemerintahan desa dalam pengelolaan arsip, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan pada tanggal 29-30 September 2017 menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan arsip pemerintahan desa bagi Sekretaris Desa/Kelurahan di Hotel Lingga,Bandung.

Bimtek yang dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ini diikuti oleh 100 orang Sekretaris Desa. Sementara narasumber dalam bimtek ini adalah Drs. Gunawan dan Dra. Hj. Dinny Resmiati, M.Si.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Dra. Hj. IDA FARIDA. M.Si  dalam laporannya mengungkapkan bimtek pengelolaan arsip pemerintahan desa bagi Sekretaris Desa/Kelurahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman Sekretaris Desa/Kelurahan terhadap pentingnya arsip dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan kehidupan kebangsaan.

‚ÄúBimtek ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa dan Kelurahan dalam pengelolaan arsip. Dengan demikian secara bertahap dan berkesinambungan nantinya kemampuan Pemerintah Desa dalam mengelola arsip akan semakin meningkat,‚ÄĚ ungkapnya.

Arsip tercipta seiring berjalannya aktivitas instansi bersangkutan. Semakin besar instansi maka arsip yang terciptapun semakin banyak. Permasalahan yang terkait dengan penemuan kembali arsip yang dibutuhkan tentunya semakin kompleks sehingga membutuhkan pengelolaan arsip yang tepat.

“Permasalahan pengelolaan kearsipan dapat ditemui pada setiap tingkatan organisasi termasuk organisasi di tingkat pemerintahan desa yang memiliki tanggung jawab pelayanan kepada masyarakat yang permintaannya tidak mengenal waktu/jam kerja.

Desa sebagai ujung tombak pemerintahan harus menjadi pioner dalam akuntabilitas pemerintahan, untuk itu perlunya arsip dikelola secara baik dan cermat. Desa merupakan jenjang pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat, oleh karena itu fungsi arsip bagi setiap desa sangatlah penting, sebagai bekal membuat pertimbangan dan keputusan di desa.

“Oleh karena itu, aparatur pemerintahan desa sudah saatnya memperhatikan pengelolaan arsipnya agar tetap terjaga keutuhan dan keamanan informasi yang tercipta sehingga akan memudahkan penemuan arsipnya pada saat dibutuhkan.

Program arsip masuk desa merupakan program baru dibidang kearsipan. Program ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola arsip di desa/kelurahan yang semakin efektif dan akuntabel. Pemerintah desa merupakan ujung tombak pemerintahan yang berada di tingkat paling bawah dan bersentuhan langsung dengan pelayanan kepentingan masyarakat, maka pemberdayaan tugas dan fungsi arsip desa harus semakin ditingkatkan peran dan kapasitasnya.

“Pelaksanaan program arsip masuk desa memiliki alasan kuat untuk menciptakan sistem pemerintahan yang baik di tingkat desa. Bimtek ini merupakan bagian dari program arsip masuk desa yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Sekretaris Desa/Kelurahan dalam bidang pengelolaan arsip.

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)