PENGUMUMAN

ARTIKEL KEARSIPAN

Nunda Suryati

NASIB GEDUNG JUANG TAMBUN

Redaksi | Jumat, 06 Oktober 2017 - 10:39:49 WIB | dibaca: 877 pembaca

Gedung Juang atau Gedung tinggi yang terletak di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi adalah gedung bernilai sejarah tinggi. Mengapa dikatakan demikian ? karena gedung ini merupakan salah satu bukti kuat perjalanan sejarah para pejuang Indonesia dalam melawan penjajah Belanda maupun jepang. Berdiri kokoh sampai saat ini walau penggunaanya masih belum bisa dikatakan terawat dengan baik. Bahkan konon katanya gedung ini menjadi tempat bersarangnya kelelawar.

Pemerintah Kabupaten Bekasi sendiri belum menentukan sikap mau diapakan nantinya gedung tersebut walau sudah berhembus kabar akan dijadikan sebuah museum yang kedepannya bisa dijadikan salah satu destinasi wisata sejarah di Kabupaten Bekasi. Satu per satu bentuk fisik atau situs peninggalan sejarah yang ditemukan di beberapa daerah di Kabupaten Bekasi rencananya akan dikukmpulkan di museum gedung Juang untuk dipamerkan kepada masyrakat luas. Masyarakat yang berkunjung ke museum rencananya akan dikenakan tarif. Dikarenakan pengelolaannya belum ditentukan apakah pihak pemerintah atau swasta maka tarif masuk tersebut belum bisa diputuskan apakah bisa masuk PAD (Pendapatan Asli Daerah) atau tidak.

Masyarakat menilai pemerintah kurang memperhatikan bangunan bersejarah tersebut. Kalaupun ada rencana untuk merenovasi atau memugar bangunan karena diperkirakan umur bangunan yang sudah tua, pemerintah memiliki alasan masih harus menguji serta mengkaji lebih dalam agar nantinya renovasi gedung tersebut tidak menghilangkan keasliannya sebagai bangunan bersejarah Bangsa Indonesia. Koordinasi antar dinas maupun kerjasama dengan pihak swasta seyogyanya terjalin terus menerus dan berkesinambungan sampai terwujudnya bangunan gedung juang atau gedung tinggi yang bernilai guna, berfungsi sebagaimana mestinya, terawat, menjadi ikon kebanggaan masyarakat Bekasi, serta mampu meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa.










Komentar Via Website : 1
juragangedung
08 Desember 2017 - 10:39:41 WIB
gedung tua memiliki nilai yang tinggi dari segi sejarah dan material bangunan okoks://www.juraganbongkar.com/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)