PENGUMUMAN

ARTIKEL PERPUSTAKAAN

Oleh : PRITA HENDRIANA WIJAYANTI, (Direktur Rumah Baca HOS Tjokroaminoto Bekasi)

PEMBINAAN 40 PERPUSTAKAAN KOMUNITAS ATAU TBM KABUPATEN BEKASI OLEH BASIPDA DAN PERPUSNAS

Redaksi | Selasa, 04 Oktober 2016 - 10:57:00 WIB | dibaca: 1147 pembaca

Perpustakaan komunitas atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) saat ini bak jamur di musim hujan. Kemunculannya terus menerus ada di tengah-tengah masyarakat dan dampak yang diberikan juga mulai terasa sedikit demi sedikit. Tak terkecuali di Kabupaten Bekasi.

Tumbuhnya perpustakaan komunitas atau TBM di Kabupaten Bekasi sendiri merupakan fase bagi masyarakat Bekasi yang terkenal dengan budaya instannya. Apalagi Kabupaten Bekasi memang menjadi pusat kawasan industri yang termasuk terbesar se-Asia Tenggara. Dampak industrialisasi di sisi lain, semestinya perlu penyeimbang. Aktivitas literasi yang dibangun perpustakaan komunitas atau TBM boleh dibilang merupakan penyeimbang yang efektif.

Angin segar bagi Bekasi ini direspon positif oleh Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah (Basipda) Kabupaten Bekasi. Pendataan terhadap perpustakaan komunitas atau TBM di Kabupaten Bekasi terus dilakukan. Tidak berhenti disitu, pembinaan berkelanjutan pun diupayakan. Sebagai start awal, pada Senin, 25 Juli 2016 yang lalu, Basipda mengundang 40 pengelola perpustakaan komunitas atau TBM untuk mensosialisasikannya. 40 adalah jumlah awal yang akan menjadi prioritas untuk tahun pertama pembinaan ini. Tidak hanya dari Basipda, seperti yang diungkapkan Bapak Sapto Noviantoro,S.S, staff Bidang Pembinaan dan Pengembangan Basipda Kabupaten Bekasi, “Pembinaan nanti juga akan melibatkan pustakawan senior dari Perpusnas.”, ungkapnya di theatre room Basipda Kabupaten Bekasi, lantai 2 kemarin Tgl. 22 Juli 2016. 

Perpustakaan komunitas atau TBM yang dimaksud disini, tidak terbatas pada TBM yang berdiri sendiri, namun juga termasuk TBM di bawah PKBM, TBM di bawah PAUD, TBM mandiri di bawah PKK, TBM mandiri di bawah Koramil, sampai pada TBM atau perpustakaan komunitas di dalam lingkup keluarga. Syaratnya, mereka telah melakukan aktivitas pinjam meminjam secara gratis kepada masyarakat. Pembinaan nantinya akan bertujuan bagaimana membangun perpustakaan komunitas atau TBM yang sudah ada menjadi lebih baik. Atau yang sudah baik dan aktivitasnya mumpuni, menjadi berkembang lebih baik lagi.

Pembinaan sendiri dimulai pada Rabu, 26 Juli 2016  dan akan berakhir pada Senin, 23 Agustus 2016 mendatang, dilakukan secara estafet di 17 kecamatan, dimulai dari Kecamatan Cikarang Utara, Pebayuran, Cikarang Selatan, Babelan, Cikarang Timur, Tambun Selatan, Tambun Utara, Sukawangi, Karang Bahagia, Cikarang Barat, Setu, Tambelang, Sukakarya, Sukatani, Cabangbungin, Tarumajaya, dan Cibitung.

Semoga niat baik untuk memelihara dan mengembangkan ‘aset’ sumber daya yang berharga di Kabupaten Bekasi ini berjalan dengan lancar dan jumlah 40 perpustakaan komunitas atau TBM akan terus bertambah dan bersinergi ke depannya. (Prita Hw)










Komentar Via Website : 1
cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga
19 April 2019 - 13:26:49 WIB
terimakasih infonya , sangat bermanfaat
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)