PENGUMUMAN

ARTIKEL KEARSIPAN

(Wujud Kepedulian Kabupaten Bekasi terhadap Pelestarian Arsip)

PENYERAHAN ARSIP PAHLAWAN NASIONAL K.H. NOER ALIE

Redaksi | Senin, 24 Oktober 2016 - 13:56:24 WIB | dibaca: 776 pembaca

Oleh : Irwan Permana, S.TP (Arsiparis Ahli pada Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi) 

 

Sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan bahwa arsip statis sebagai bukti pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara perlu dijamin keselamatan arsipnya baik secara fisik dan informasinya sehingga tidak mengalami kerusakan atau hilang.  Penyelamatan arsip tersebut di atas dilakukan melalui penyerahan arsip statis oleh pencipta arsip dan akuisisi oleh lembaga kearsipan. 

Bekasi saat ini dikenal sebagai wilayah dengan pertumbuhan ekonomi, dengan perkembangan kawasan industri yang menjadi pusat perhatian.  Namun demikian, dalam perjalanan sejarah nasional bekasi memiliki peranan yang penting sehingga bekasi kemudian dijuluki sebagai kota patriot.

Hal tersebut tidak lepas dari kiprah dan jasa seorang putera asli bekasi, seorang ulama pejuang yang gigih dalam mempertahankan kemerdekaan dari tangan para penjajah.  Beliau adalah K.H. Noer Alie, yang dikenal dengan julukan singa Karawang Bekasi.  Yang dengan jasa-jasanya tersebut kemudian pada tahun 2006 beliau memperoleh gelar Pahlawan Nasional dari Presiden  Republik Indonesia, Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono.

Saat ini K.H. Noer Alie bukan hanya milik masyarakat bekasi.  Dengan diangkatnya beliau sebagai pahlawan nasional, maka K.H. Noer Alie menjadi tokoh nasional dan milik masyarakat dan bangsa indoensia.  Oleh karena itu, dengan kesadaran yang tinggi mengenai pentingnya arsip sebagai warisan nasional, ahli waris K.H. Noer Alie melalui Yayasan At Attaqwa yang dimotori oleh sejarawan Bekasi, Ali Anwar dan dengan fasilitasi Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah, pada hari Kamis tanggal 20 Oktober 2016 menyerahkan arsip-arsip Pahlawan Nasional K.H. Noer Alie ke Arsip Nasional Republik Indonesia.  Dengan demikian diharapkan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan khususnya masyarakat Kabupaten Bekasi dapat mengakses dan mengenal lebih jauh sosok dan sepak terjang beliau melalui jaringan kearsipan nasional.

Penyerahan arsip dilakukan oleh K.H. Amin Noer, putra pertama K.H. Noer Alie kepada Bapak Mustari Irawan, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia dengan disaksikan oleh Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin.  Selain didampingi oleh Bupati Bekasi, turut bersama rombongan juga Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi, Dra. Hj. Ida Farida, M.Si beserta jajarannya, sejarawan Bekasi Ali Anwar, BKMB, perwakilan dari beberapa SKPD antara lain Diskominfo, Disdukcapil, Dinas Sosial, BPMPPT, Humas, BKD,  perwakilan dari Pemerintah Kota Bekasi, MUI Kabupaten Bekasi dan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bekasi serta keluarga besar  Yayasan At Taqwa.  

Melalui penyerahan arsip statis Pahlawan Nasional K.H. Noer Alie maka arsip-arsip tersebut dapat terpelihara dan terjaga keamanannya, baik fisik arsipnya maupun informasinya. Dengan pengelolaan arsip statis yang dilakukan oleh Arsip Nasional  Republik Indonesia  maka sosok K.H. Noer Alie, pahlawan nasional kebanggaan masyarakat Bekasi, dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat.  Diharapkan arsip-arsip beliau di kemudian hari akan menjadi warisan bagi generasi penerus bangsa agar dapat lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan dan lebih mencintai tanah air, tumpah darah tempat kita semua dilahirkan dan bernaung sampai akhir hayat. 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)