PENGUMUMAN

SEKAPUR SIRIH

Redaksi | Selasa, 02 Februari 2016 - 14:00:02 WIB | dibaca: 1698 pembaca

           Perpustakaan sebagai sistem pengelolaan rekaman gagasan, pemikiran, pengalaman, dan pengetahuan umat manusia, mempunyai fungsi utama melestarikan hasil budaya umat manusia tersebut, khususnya yang berbentuk dokumen karya cetak dan karya rekam lainnya, serta menyampaikan gagasan, pemikiran, pengalaman, dan pengetahuan umat manusia itu kepada generasi-generasi selanjutnya. Sasaran dari pelaksanaan fungsi ini adalah terbentuknya masyarakat yang mempunyai budaya membaca dan belajar sepanjang hayat.

Adapun kearsipan berkenaan dengan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik dan kemasyarakatan, maupun perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan berbangsa, dan bernegara, dimana setiap komponen tersebut harus menunjukkan tanggung jawabnya dalam penyelenggaraan, penciptaan, pengelolaan, dan pelaporan arsip yang tercipta dari kegiatan-kegiatannya.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi sebagai perangkat daerah memiliki kewenangan dan bertanggungjawab atas penyelenggaraan urusan otonomi daerah di bidang perpustakaan dan kearsipan, sesuai dengan UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan (ditindaklanjuti dengan Perda No. 1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan) dan UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan (ditindaklanjuti dengan Perda No. 2 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Kearsipan), guna menunjang tercapainya tujuan yang diatur di dalam ketentuan tersebut, serta menunjang tercapainya visi Kabupaten Bekasi.

 

 

M o t t o :


Pemeritahan tanpa ARSIP

Ibarat Tentara tanpa senjata

Ibarat Dokter tanpa resep

Ibarat Petani tanpa benih

Ibarata Tukang tanpa perkakas

 

PERPUSTAKAAN, sarana pintar untuk pintar

Tiada hari tanpa tanpa membaca

Genggam dunia dengan membaca