PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Diah Intan Sari, ST

4 LANGKAH MUDAH AGAR ANAK PADA USIA DINI SUKA BUKU

Redaksi | Selasa, 10 Oktober 2017 - 12:01:51 WIB | dibaca: 415 pembaca

Mungkin untuk para orang tua yang memiliki anak dengan tahun kelahiran dibawah tahun 2000an, bukan merupakan hal yang sulit untuk menumbuhkan rasa suka anak terhadap buku, terlebih rasa ketertarikan pada buku yang memiliki banyak gambar. Karna pada usia dini, anak-anak memiliki tingkat visualisasi yang sangat baik, sehingga banyak metode belajar yang menggunakan gambar agar memudahkan anak dalam mengingat.

Kembali pada topik pembahasan, mengapa anak-anak kelahiran dibawah tahun 2000 lebih mudah untuk ditumbuhkan minat baca dalam dirinya dibandingkan dengan anak-anak kelahiran di atas tahun 2000? Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi pada jaman itu belum terlalu pesat bila dibandingkan dengan perkembangan teknologi jaman sekarang.

Tidak banyak, bahkan jarang sekali anak-anak pada masa itu menggunakan gadget dalam kegiatan sehari-harinya. Oleh karena itu,orang tua lebih mudah mengenalkan buku-buku pada anak. Sangat jauh berbeda dengan jaman dimana kita berada sekarang, jaman dimana teknologi menguasai dan memenuhi kebutuhan segala aspek, termasuk aspek kehidupan anak-anak masa kini.

Tidak sedikit anak anak yang sudah terbiasa menggunakan gadget dalam kesehariannya, baik itu digunakan untuk media belajar atau sekedar untuk bermain. Bahkan tidak  sedikit orang tua menggunakan gadget untuk memudahkan rutinitas  me-nina bobo-kan anak anaknya.

Oleh karna itu, bukan hanya kebiasaan anak-anak saja yang harus dirubah, namun pola pikir orang tua juga harus dirubah agar lebih memudahkan prosesnya. Beberapa hal yang mungkin bisa diterapkan agar anak-anak memiliki ketertarikan terhadap buku, yaitu :

1. Menghidupkan kembali kebiasaan mendongeng sebelum tidur

Kebiasaan mendongeng sebelum tidur merupakan kegiatan klasik yang sudah mulai ditinggalkan oleh para orang tua, padahal dengan membacakan buku-buku yang dilengkapi dengan gambar menarik pada anak, dapat menumbuhkan rasa ketertarikan anak terhadap buku, bahkan dapat meningkatkan daya imajinasi anak.

2. Meletakkan buku-buku di sembarang tempat

Dengan meletakkan buku-buku di tempat-tempat yang sering dilewati anak, secara tidak langsung akan membuat anak membuka buku-buku tersebut. Tapi jangan khawatir, mungkin awalnya anak hanya akan sekedar membolak balik halaman buku, namun lama kelamaan anak akan membaca buku tersebut untuk mengetahui cerita yang ada di dalam buku.

3. 5 menit membaca

Tidak perlu memaksa anak untuk menyisihkan banyak waktunya untuk membaca, tapi para orang tua bisa menerapkan kebiasaan 5 menit membaca dalam sehari untuk menghadirkan kebiasaan membaca pada anak. Dengan demikian, lama kelamaan anak-anak akan terbiasa meluangkan waktu 5 menit atau bahkan lebih untuk membaca, tentunya buku buki yang disajikan harus buku-buku yang menarik untuk dibaca oleh anak.

4. Rekreasi ke perpustakaan

Selain taman hiburan atau tempat rekreasi yang lain, sesekali bawalah anak rekreasi ke perpustakaan, bawa anak ke rak yang berisi banyak buku-buku cerita  dengan gambar gambar yang menarik, dengan kondisi perpustakaan jaman sekarang yang dibuat semakin nyaman, tidam mustahil akan membuat anak lebih tertarik pada buku.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca pada anak sejak usia dini. Selamat mencoba.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)