PENGUMUMAN

INFORMASI UMUM

BASIPDA RAIH JUARA II STAND TERBAIK PEKAN RAYA BEKASI 2015

Redaksi | Rabu, 28 Oktober 2015 - 12:46:28 WIB | dibaca: 1196 pembaca

Pada malam penutupan Pekan Raya Bekasi 2015, yang diselenggarakan mulai tanggal 2 sampai 11 Oktober 2015, bertempat di lapangan Perumahan Kahuripan Indah Desa Sukamanah Kecamatan Sukatani, Stand Pameran Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi dinyatakan sebagai Juara II Stand Terbaik.  Adapun Juara I diraih oleh stand Sekretariat Daerah, sedangkan juara III diraih oleh stand Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

H. Nana Supritana, SE, MM, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Arsip dan Perpustakaan, mewakili Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah menerima piagam dan piala yang diserahkan oleh H. Oded Supriatna Yahya, S.H, M.Si (Asisten Ekonomi dan Pembangunan) mewaikili panitia penyelenggara.

Materi pameran yang ditampilkan oleh stand Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi adalah Bekasi dari masa ke masa, dari dua sisi yaitu arsip dan  perpustakaan.  Booth sebelah kiri menampilkan Bekasi pada masa pra sejarah, yaitu pada masa peradaban Buni.  Dilanjutkan dengan dengan panel berikutnya yaitu materi mengenai sejarah penamaan Bekasi yang terukir pada Prasasti Tugu di masa Kerajaan Tarumanegara.  Materi lain yang cukup menarik perhatian pengunjung adalah tentang K.H. Noer Ali, ulama yang dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional dari Kabupaten Bekasi.   Dan yang paling banyak ditanyakan oleh pengunjung adalah Foto Bupati Bekasi dari masa ke masa.  Materi ini mendapatkan antusias yang paling banyak dari setiap pengunjung stand BASIPDA, diantaranya ada beberapa pengunjung yang merupakan keluarga dari para mantan Bupati tersebut.

Materi lain yang ditampilkan adalah arsip-arsip foto statis yang menceritakan Bekasi pada masa perjuangan kemerdekaan dan beberapa peristiwa yang terekan di masa tahun sebelum 1950.  Ditampilkan pula arsip-arsip foto kegiatan foto Bupati Bekasi, serta beberapa materi tentang kegiatan perpustakaan.

Materi yang ditampilkan sebagai sentral di stand BASIPDA adalah tower (menara) setinggi kurang lebih 4 meter, menampilkan lambang Kabupaten Bekasi di puncak menara.  Lambang Kabupaten Bekasi ini didesain oleh Tim Kreatif BASIPDA dengan berdasarkan kepada ketentuan-ketentuan yang tercantum pada Perda Nomor 12/P.D/’62 tahun 1962 tentang Lambang Daerah Tingkat II Bekasi.  Menara ini juga dilengkapi dengan Smart TV yang secara kontinyu menampilkan film-film sejarah, yang sebelum pameran dibuka pun telah cukup perhatian.

Panel rangka melengkapi tampilan stand Pameran BASIPDA, dimana panel ini manampilkan arsip-arsip tentang Bekasi dimulai dari Staatsblad 1908 Nomor 325 tentang batas-batas wilayah Meester Cornelis yang meliputi wilayah Bekasi, Staatsblad 1925 Nomor 383 tentang penetapan Meester Cornelis sebagai regentschapen (Kabupaten) sendiri, Perda tentang Lambang Daerah Bekasi, serta Perpres dan Inpres tentang Pemindahan Ibu Kota Bekasi.

Bagi Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi (BASIPDA), raihan juara II stand terbaik merupakan sesuatu yang cukup membanggakan, mengingat baru kali ini BASIPDA mengikuti kegiatan pameran pada Pekan Raya Bekasi. 

(Redaksi)










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)