PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Radji Fauzan

BATIK SERACI ASAL BEKASI

Redaksi | Jumat, 06 Oktober 2017 - 09:26:09 WIB | dibaca: 1735 pembaca

Batik adalah satu hasil budaya kebanggaan Bangsa Indonesia dan sudah mendapatkan hak patennya dari lembaga dunia UNESCO. Beragam motif batik daerah dai seluruh pelososk negeri mulai bermunculan, menambah khasanah perbatikan di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah batik Seraci atau batik betawi asal kabupaten Bekasi, tepatnya dari kecamatan Tarumajaya. Pencipta batik Seraci adalah seorang pengusaha muda bernama Ernawati. Di usia yang masih tergolong muda, sejak sekitar tahun 2012, dara berusia 24 tahun ini mulai  merintis menekuni bisnis batik Seraci yang lokasinya berdekatan dengan situs si pitung sekaligus kampong halamannya sendiri di kampong kebon kelapa, Segarajaya, Tarumajaya, Bekasi Utara.

Saat ini toko batik Seraci dapat diumpai di daerah setu Babakan, Jakarta. Pada tahun 2014, batik seraci berhasil menjadi pemenang dalam lomba design batik yang diadakan pemerintah Kabupaten Bekasi. Sebanyak 12 motif batik seraci bahkan sudah dibuatkan SK Bupati sebagai batik milik pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi. Bahkan setelahnyan pun batik seraci diminta membuat batik khusus untuk seluruh karyawan/ti pemkab Bekasi yang akan dipakai pada hari tertentu. Namun entah kenapa kesepakatan tersebut batal, dan malah digantikan dengan batik Cirebon untuk realisasinya. Tentu saja hal itu mengecewakan, batik Seraci sebagai pemenang lomba design batik dan satu-satunya batik asli asal daerah Bekasi ‘diredupkan’ oleh pemerintah daerahnya sendiri.

Batik seraci walau tidak didukung pemerintah daerahnnya sendiri tetap melebarkan sayapnya diluar kabupaten Bekasi, bahkan saat ini tercatat sebagai anggota UMKM di Jakarta. Selain itu interior design sebuah hotel di Jakarta (Grand Cempaka) memasukan ornament batik dalam bentuk pajangan di dinding. Pada saat pencalonan gubernur DKI Jakarta Tahun 2016 yang lalu, putra mantan presiden SBY yang juga ikut mencalonnkan diri menggunakan batik seraci di momen bersejarah tersebut. Erlihat dalam akun Facebook Ernawati selaku pemilik batik seraci ini, pada bursa pencalonan Bupati Bekasi Tahun 2017-2022 kemaren, salah satu calon wakil Bupati Bekasi yaitu musisi Ahmad Dhani beserta istri aktris Mulan Jamila dating menyambangi tempat pembuatan batik Seraci di kecamatan Tarumajaya. Hal tersebut tentu saja dapat menambahkan daftar promosi batik seraci agar semakin dikenal masyarakat luas.

Di saat batik seraci perlahan mulai dikenl bnayak orang, mpok Erna sebagai pengrajin, penggagas, pengusaha muda belum lama ini telah berpulang ke Rahmatullah dikarenakan sakit lambung yang dideritanya, pada hari jumat, 4 agustus 2017. Almarhumah adalah sosok yang tak kenal menyerah, membuka lapangan pekerjaan bagi warga di sekitar rumahnya, memotivasi pengusaha muda khususnya di kabupaten Bekasi untuk lebih giat berinovasi. Mpok Erna telah tiada, namun karyanya semoga tetap melegenda dan semoga semakin mengharumkan bumi bhagasasi. Amin Ya Robbal Alamin.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)