PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Iman Lazuardi Zulkarnain, S.Kom

Cerpen : BUKU ADALAH JENDELA DUNIA ?

Redaksi | Rabu, 08 November 2017 - 14:52:00 WIB | dibaca: 2972 pembaca

Pasti sebagian besar atau bahkan hampir semua dari kita pernah mendengar kalimat "BUKU ADALAH JENDELA DUNIA" , namun apakah kalian tau apa makna dari kalimat tersebut? Mengapa tumpukan kertas yang berisi dari kumpulan huruf yang berjajar rapih menjadi satu kesatuan kalimat malah disebut sebagai jendela dunia? Mengapa tidak disebut sebagai kamus dunia atau kitab dunia?

Bagi kalian yang pernah membaca buku, entah itu komik, novel, buku sejarah, buku pelajaran dan lain-lain, apa yang kalian peroleh dari membaca buku tersebut? Untuk yang membaca komik, yang kamu peroleh mungkin informasi mengenai tokoh dan karakter dari tokoh-tokoh tersebut. Untuk yang membaca buku sejarah, misalnya sejarah Indonesia, pasti kalian akan mengetahui kejadian-kejadian apa saja yang terjadi pada masa lampau, merasakan atmosfernya melalui gambar-gambar yang tercetak tanpa harus kembali ke masanya untuk mengetahui semua kejadian tersebut.

Apakah kalian bisa membayangkan, bila kalian mendapat tugas mencari tahu isi perut bumi, kalian harus menggali sampai dasar bumi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan? Namun dengan adanya buku, kalian hanya tinggal membaca, tanpa perlu memperoleh resiko terkubur di dasar perut bumi agar tahu apa saja yang ada di dalamnya.

Jadi, seperti kita yang membuka jendela di pagi hari, kita akan melihat semua yang ada di dalam frame jendela tersebut, hanya dengan membaca buku yang bisa dipegang dengan genggaman tangan, kita bisa melihat semua tentang seisi dunia, mulai dari dasar bumi sampai apa saja yang ada di atas langit sana. Itu lah mengapa buku disebut sebagai jendela dunia.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)