PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Oleh : IMAN LAZUARDI ZULKARNAIN, S. Kom

DAMPAK TEKNOLOGI UNTUK PERKEMBANGAN MEMBACA DAN MENULIS BAGI PENERUS BANGSA

Redaksi | Selasa, 24 Januari 2017 - 10:35:30 WIB | dibaca: 3615 pembaca

Saat ini perubahan teknologi yang begitu hebat secara tidak langsung memberikan dampak yang begitu besar terhadap perubahan nilai-nilai yang ada di masyarakat baik dari segi positif maupun negatif. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap perilaku generasi muda. Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam, bahkan internet bukan hanya melanda remaja yang tinggal di  kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh remaja di pelosok-pelosok desa. Belum lagi maraknya media sosial yang membuai para penggunanya. Pada kalangan remaja seperti pelajar dan mahasiswa teknologi seringkali memberikan dampak negatif dengan luasnya akses yang tidak terbatas untuk mereka akses, terkadang hal ini dimanfaatkan untuk hal yang tidak sepantasnya mereka akses seperti konten dewasa dan lain  sebagainya.
Kemajuan teknologi sebenarnya mempunyai banyak dampak positif untuk berbabagai pembangunan, kita banyak dimudahkan dari kemajuan teknologi saat ini, tetapi karena banyak juga yang memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk hal yang negatif sehingga menipisnya budaya literasi secara perlahan-lahan. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi. Saat ini dunia sudah terasa semakin sempit. Seseorang dapat dengan mudah mengakses informasi baik di dalam maupun luar negeri.
Hal tersebut sangat berdampak pada menurunnya tingkat tingkat kemauan seseorang untuk menuliskan setiap pemikiran dan hasil kerjanya dalam sebuah tulisan yang entah dalam bentuk elektronik ataupun dalam bentuk tertulis dalam kertas.  Saat ini sangat telihat dimanapun kita berada kalangan pemuda masa kini telah banyak disibukkan dengan  deretan aktivitasnya dalam dunia maya. Padahal merekalah calon penerus dari orang-orang hebat yang telah mengawali penemuan-penemuan teknologi yang canggih.
Literasi terlihat mulai menghilang, dan akan terus menghilang jika sebagai generasi penerus tidak peduli lagi dengan budaya ini. Tidak bisa dipungkiri anak muda terlalu malas untuk mengkaji dan menuliskannya kembali menurut hasil kajian yang baru. Dampaknya adalah tidak ada lagi kelanjutan dari kajian yang akan dipelajari, semua buku perlahan punah karena tak terhiraukan untuk saat ini masih ada yang peduli- karena budaya literasi mulai memudar saat ini.
Tidak bisa dipungkiri, teknologi akan terus bekembang. Hal tersebut membawa pengaruh terhadap kehidupan manusia yang semakin modern akan menjadi lebih praktis. Kemajuan teknologi juga membawa dampak pada budaya literasi khusunya di kalangan mahasiswa baik dari segi positif maupun segi negatif. Dampak yang ditimbulkan bergantung pada individulisme masing-masing dalam memanfaatkan teknologi yang semakin canggih ini.
Tanamkan pada diri kita, Bahwa menulis bukanlah hal yang menjenuhkan, hanya saja dibutuhkan kesabaran untuk menyelesaikannya. Ketika seseorang sedang menulis sebuah karya ilmiah, maka dia memerlukan sumber-sumber yang terpercaya guna mendukung tulisannya. Sumber tersebut dapat diperoleh dengan membaca beberapa referensi yang juga dapat diakses dengan mudah melalui internet. Jika dimanfaatkan dengan baik teknologi juga membawa pengaruh positif terhadap budaya literasi.