PENGUMUMAN

INFORMASI PERPUSTAKAAN

Oleh : FITRI SYIFA KHOTIMAH,A.Md

DUTA BACA

Redaksi | Selasa, 31 Mei 2016 - 13:20:10 WIB | dibaca: 3464 pembaca

Selaras dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, bahwa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa peran Perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat merupakanpendukungan terhadap penyelenggaraan pendidikan dalam mengembangkan  potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab.


Sebagaimana yang diungkapkan dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan mengenai tugas pokok dan fungsi dalam upaya peningkatan pelayanan perpustakaan guna mendukung kebutuhan masyarakat akan berbagai informasi yang disertai maju dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, peran perpustakaan  yang merupakan salah satu sarana meningkatkan kecerdasan masyarakat menjadi sangat penting, mengingat tugas dan fungsi perpustakaan adalah melayani semua lapisan masyarakat dalam memperoleh berbagai macam informasi serta meningkatkan ilmu pengetahuan melalui bahan bacaan.

Berdasarkan sensus penduduk terakhir, penduduk Indonesia saat ini telah mencapai lebih kurang 240 jt. Jumlah ini merupakan potensi bangsa Indonesia yang sangat tinggi apabila dilihat dari jumlah. Namun potensi tersebut tidak menjadi kenyataan apabila tidak diimbangi dengan kecerdasan dan kualitas diri yang dimiliki. Fakta membuktikan bahwa kondisi minat baca di Indonesia berdasarkan temuan UNDP tahun 2011, Human Development Index (HDI) relative dikatakan masih sangat rendah, yaitu berada pada peringkat ke-124 dari 187 negara.

 

Ada beberapa hal yang menyebabkan rendahnya indeks pembangunan manusia (IPM) di Indonesia, antara lain yaitu; belum tingginya kualitas pendidikan (berakibat langsung pada sector ekonomi dan kesehatan), belum meratanya distribusi buku ke daerah, mahalnya hargabuku serta masih dominannya budaya tutur daripada budaya baca masyarakat Indonesia.

Mahalnya harga buku dapat kita siasati dengan cara berkunjung dan mendayagunakan perpustakaan-perpustakaan atau taman bacaan yang ada di setiap wilayah daerah. Namun untuk memotivasi kesadaran masyarakat gemar membaca dibutuhkan strategi promosi yang efektif serta dukungan dan kerjasama dari semua pihak baik pemerintah, swasta dan masyarakat luas. Untuk itu perlu adanya suatu program kampanye minat baca terpadu dan menarik perhatian dengan menampilkan figure (role model) yang dapat dijadiakan suri tauladan masyarakat Indonesia. Model pembudayaan kegemaran membaca ini dikenal dengan istilah Duta Baca Kabupaten Bekasi. Model ini dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional periode pertama sejak tahun 2006 – 2010 dengan menampilkan tokoh Duta Baca Indonesia Saudara Tantowi Yahya seorang presenter, politikus dan seniman, periode kedua 2011 – 2014, tepatnya tanggal 26 September 2011 terpilih Duta Baca Indonesia Saudara Andy F Noya, seorang mantan wartawan, redaktur media group, dan seorang pengisi acara Kick Andy di Metro TV.

Berdasarkan UU No. 43 Tahun 2007, Peningkatan minat dan gemar membaca masyarakat perlu dilakukan melalui “Kampanye Gerakan Nasional Peningkatan Minat dan Gemar Membaca”. Kegiatan Duta Baca Kabupaten Bekasi dipilih sebagai salah satu kegiatan yang dapat memotivasi masyarakat dalam mengembangkan diri menambah ilmu pengetahuan secara mandiri dengan membaca. Di samping merubah budaya lisan dengan budaya baca, Duta Baca Kabupaten Bekasi juga dapat menjadi panutan dan juru kampanye dalam pembudayaan kegemaran membaca.

 

Dasar Hukum dari kegiatan Duta Baca ini adalah :

  1. Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yang berbunyi: “kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”.
  2. Undang-undang Nomor 43 tahun 2007 Tentang Perpustakaan, Bab. XIII PASAL 48 ayat (1)
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan
  4. Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan
  5. RPJMD 2012 -2017
  6. Renstra Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi 2012-2017
  7. Program Kerja Bidang Perpustakaan Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi.
 
Kegiatan Duta Baca Kabupaten Bekasi dimaksudkan untuk mengakselerasi kegiatan sosialisasi dan kampanye minat baca kepada seluruh lapisan masyarakat.Kegiatan Duta Baca Kabupaten Bekasi bertujuan sebagai motivator, motor penggerak minat baca tingkat Kabupaten, juru kampanye minat baca Kabupaten Bekasi, dan menyiapkan Duta Baca Kabupaten Bekasi untuk ke tingkat provinsi 2017, sebagai panutan dalam menumbuh kembangkan minat baca, sekaligus sebagai sebuah simbol bagi bangkitnya kesadaran membaca masyarakat Kabupaten Bekasi 2016. Keberhasilan suatu kegiatan promosi tergantung pada ketepatan dan keakuratan menganalisis segmen target dan metode yang dipilih untuk mempengaruhi target. Kegiatan Duta Baca Kabupaten Bekasi akan difokuskan kegiatannya pada segmen masyarakat remaja usia 15-20 tahun, segmen ini dipilih karena pengembangan minat baca di nilai akan berhasil jika dimulai dari sekolah dan remaja sehingga diharapkan mampu mendongkrak perubahan kebiasaan masyarakat kearah peningkatan minat dan gemar membaca. Sebelum pelaksanaan kegiatan, akan diawali dengan kegiatan sosialisasi yang akan dilaksanakan kesekolah-sekolah. Selanjutnya pelaksanaan sosialisasi dan kampanye pembudayaan kegemaran membaca akan dilakukan pada beberapa tahapan seleksi.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)