PENGUMUMAN

INFORMASI UMUM

Ria Ardiza

Kunjungan DPRD Kabupaten Karang Anyar

Redaksi | Rabu, 27 Desember 2017 - 11:10:26 WIB | dibaca: 410 pembaca

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi mendapat kunjungan kerja dari Kunjungan Dinas Arsip Dan Perpustakaan DPRD Kabupaten Karang Anyar dalam rangka konsultasi mengenai Program dan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan di Kabupaten Bekasi. Kunjungan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat SETDA Bupati.

Berdasarkan Informasi yang mereka terima dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bahwa Sistem Informasi Kearsipan di Daerah Kabupaten Bekasi sudah memiliki dan aktif sejak lama, sehingga  mereka datang berkunjung untuk melihat langsung seperti apa program dan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan yang sudah berjalan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi, apakah mendapatkan kendala-kendala yang dapat menghambat jalannya program, dan arsip jenis apa saja yang dapat diinput ke dalam program atau aplikasi.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi mulai menggunakan Sistem Informasi Kearsipan sejak tahun 2015 dan terus berkembang hingga tahun ini. Aplikasi yang digunakan ialah Aplikasi Khasanah Arsip Statis yang berjalan dengan baik. Pada tahun kedua Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi mulai mencoba mengembangkan program Sistem Informasi Kearsipan dan mencoba bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Program Sistem Informasi Kearsipan yang saat ini sangat berkembang di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) adalah program Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN). Program Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) adalah program yang bekerja secara online dengan menggunakan data admin sebagai simpul jaringan untuk dapat tetap terhubung dengan server yang berada di Telkom yang terhubung dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Namun untuk mengembangkan dan menjalankan program Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) ini Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tidak berdiri sendiri melainkan bekerja sama dengan Telkom sebagai tempat penyimpanan data atau biasa disebut dengan datastorage.

Setelah program Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) berjalan dengan baik, Namun ditahun ketiga ini aplikasi Sistem Informasi Kearsipan yang digunakan adalah aplikasi rancangan yang dibuat oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi dan dibangun atau dibentuk dalam sebuah aplikasi oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Dari ketiga Program dan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan yang telah digunakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi kendala yang seringkali terjadi adalah jaringan yang terkadang tidak stabil, program atau aplikasi yang mendukung perangkat yang ada, dan server penyimpanan yang sudah tidak cukup atau penuh.Data-data yang selama ini dialihmediakan adalah arsip-arsip dinamis namun ada juga arsip statis, adapun arsip dinamis yang sudah dialihmediakan adalah arsip akte kelahiran dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sesi terakhir pihak dari Kunjungan DPRD Kabupaten Karang Anyer memberikan cendra mata sebuah penghargaan untuk Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Bekasi juga memberikan buku tentang kebijakan kearsipan untuk DPRD Kabupaten Karang Anyar.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)