PENGUMUMAN

INFORMASI PERPUSTAKAAN

LAYANAN MOBIL PERPUSTAKAAN KELILING KABUPATEN BEKASI

Redaksi | Kamis, 12 Mei 2016 - 10:10:09 WIB | dibaca: 1666 pembaca

Perpustakaan sebagai salah satu sarana pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan ilmu pengetahuan ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat, baik yang berada di pusat kota maupun yang berada di daerah terpencil. Untuk itu dibutuhkan pemberharuan yang dapat menunjang kinerja perpustakaan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menghadirkan perpustakaan keliling. Kendaraan perpustakaan keliling yang digunakan untuk melayani masyarakat disesuaikan dengan kondisi geografis daerah tertentu, seperti mini bus, metro mini, bus, dan sepeda motor. Perpustakaan keliling menjangkau lebih jauh tempat tinggal masyarakat yang belum atau sulit dicapai oleh layanan perpustakaan yang menetap.

Setiap unit perpustakaan keliling dapat melayani beberapa pos baca (service point) disuatu kecamatan atau kelurahan, sehingga jangkauan layanan perpustakaan umum dapat lebih luas. Perpustakaan keliling tidak saja bermanfaat bagi masyarakat yang tidak dapat dinikmati layanan Kantor Perpustakaan Umum, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat kecamatan atau kelurahan yang belum mengenal sama sekali fungsi dan makna perpustakaan keliling secara umum.

Perpustakaan keliling sebagai salah satu perangkat pendidikan non formal berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Untuk melaksanakan amanat itu perpustakaan keliling mempunyai tugas mengumpulkan, memilih, dan menyajikan karya-karya manusia kepada masyarakat yang tidak terlayani oleh perpustakaan umum (Hardjoprakoso,1992).

Berbagai upaya untuk meningkatkan gairah pemanfaatan informasi bagi masyarakat dan untuk mengkondisikan tumbuhnya minat baca terus bergulir. Sebagai salah satu sarana pendidikan nonformal, perpustakaan keliling dimaksudkan untuk mempercepat hantaran informasi kepada masyarakat. Pemerintah sendiri melalui Proyek Pembangunan Depdikbud tahun 1992, telah mencanangkan Perpustakaan Keliling sebagai salah satu bentuk layanan perpustakaan kepada masyarakat.

Mengelilingkan buku-buku perpustakaan tentu menggunakan jasa transportasi, jasa pengelola maupun jasa penyalur. Dimana komponen-komponen tersebut saling terkait sebagai sistem pelayanan.

Perpustakaan keliling merupakan perpanjangan atau perluasan jangkauan layanan perpustakaan umum yang berfungsi untuk mempertemukan bahan bacaan dengan pembacanya di daerah yang relatif jauh dari perpustakaan umum atau karena situasi dan kondisi tertentu, tidak sempat datang ke perpustakaan umum.

Dengan adanya perpustakaan keliling masyarakat yang suka membaca tetapi tidak memiliki biaya untuk membeli buku dan jika pergi ke perpustakaan juga memakan biaya transport yang banyak sekarang telah dapat menikmati hobi mereka. Masyarakat yang sebelumnya tidak suka membaca setelah adanya perpustakaan keliling juga tertarik untuk membaca. Pemustaka lebih mudah mendapat informasi yang dibutuhkan dan pemustaka yang jauh dari perpustakaan umum dapat menikmati layanan perpustakaan dengan adanya perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan tempat yang tidak ada perpustakaan umumnya. Adanya perpustakaan keliling dapat menjangkau masyarakat yang jauh dari perpustakaan umum. Masyarakat yang jauh dari perpustakaan umum juga dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan tanpa harus pergi jauh mengunjungi perpustakaan umum yang berada sangat jauh dari kediaman mereka.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)