PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Oleh : IMAN LAZUARDI ZULKARNAIN, S. Kom

LITERASI, GERAKAN SEDERHANA UNTUK PERUBAHAN DUNIA YANG LUAR BIASA!

Redaksi | Selasa, 24 Januari 2017 - 09:22:44 WIB | dibaca: 978 pembaca

Apa yang terbesit di benak kalian ketika mendengan kata literasi? Meski istilah Literasi sudah dipakai secara umum puluhan tahun yang lalu tapi nampaknya istilah ini masih sering terdengar asing bagi kita. Banyak orang yang bertanya-tanyaisital literasi ini dan meski sebagian dari mereka sudah pernah mendengar istilah ini tapi mereka tidak paham apa yang dimaksud dengan literasi.
Menurut saya pribadi, literasi lebih saya pahami sebagai kemampuan membaca dan menulis. Dan diluar sana literasi berkembang menjadi konsep dimana  literasi yang terkait dengan berbagai fungsi dan keterampilan hidup dan terhubung dengan kemampuan mengolah informasi, kemampuan mengurai dan memahami bahan bacaan dan melalui pemahaman ini  literasi tidak hanya membaca dan menulis, tetapi juga mencakup bidang lain, seperti matematika, sains, sosial, lingkungan, keuangan, dan lain sebagainya.
Perkembangan literasi saat ini memang telah menunjukkan perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik. Dan semoga saja hal ini bukanlah sekedar trend semata. Sehingga apabila trend itu redup pengaruhnya tidak akan berdampak kepada perkembangan literasi yang mulai membaik seperti sekarang ini, tapi taukah kalian teman perkembangan literasi yang mulai berkembang dikota tetapi masih mengalami keterbatasan di daerah terpencil? Minat baca masih rendah di daerah terpencil salah satunya karena akses yang masih sangat minim dan terbatas.
Di Indonesia literasi memang sedang hangat dibicarakan saat ini. Yang jelas tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai suatu kebaikan. Literasi adalah sebuah kebaikan nilai kebaikan yang sangat besar, penaruhnya bukan hanya untuk diri sendiri atau lingkungan kecil saja, menurut saya literasi sangat berpengaruh besar bagi kemajuan Negara dan untuk kita semua tentunya.  Sekalipun kemunculannya dan pergerakkanya terbilang lambat di Indonesia. Namun, keterlambatan itu tidak mematikan semangat para penggiat literasi. Khususnya penggiat literasi di daerah dan seluruh pelosok tanah air. Gerakan literasi dapat membawa perubahan. Ini merupakan gerakan sederhana untuk perubahan dunia yang luar biasa.
Sangat memprihatinkan ketika melihat pendidikan kita sampai saat ini tidak memberikan porsi yang besar pada upaya untuk membangun literasi membaca dan menulis di daerah pelosok. Sekarang kegiatan utama keluarga Indonesia di rumah adalah menonton TV dan hal ini memang sangat nyata, selain itu kemajuan teknologi yang sangat pesat juga membuat kita terlena dengan kecanggihan-kecanggihannya. Budaya ini telah membius keluarga kita sehingga terkadang perkembangan literasi seringkali terhambat. Coba kita bandingkan dengan daerah terpencil yang sebenarnya mempunyai giat literasi yang tinggi namun terhambat dengan fasilitas yang mereka miliki, dengan ini harusnya kita lebih bisa memanfaatkan untuk memajukan literasi mulai dari diri lingkungan kecil kita sendiri.
Memajukan literasi ini bertujuan demi mewujudkan Negara kita sebagai Negara literasi terpandang di dunia, kerja sama pemerintah yang baik dalam upaya menyediakan sarana dan prasana literasi seperti memaksimalkan pendidikan yang merata keseluruh pelosok tanah air sangatlah berpengaruh demi gerakan sederhana yang dapat mengubah dunia ini, cermatlah dalam penggunaan sarana dan prasarana teknologi informasi dan telekomunikasi di era globalisasi saat ini. Tunjukkan kepada dunia, Indonesia maju dengan literasi dan teknologi informasi untuk perubahan dunia yang luar biasa!