PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Oleh : FERRY RINALDO, S.ST

MANFAAT PERPUSTAKAAN KELILING

Redaksi | Selasa, 24 Januari 2017 - 09:52:48 WIB | dibaca: 3437 pembaca

Dalam era digital sekarang ini minat baca masyarakat perlahan tergantikan oleh kecanggihan teknologi dan fasilitas yang disediakannya. Efek dari syndrome di era digital ini melingkupi hampir dari segala aspek baik umur, status, hingga jenis kelamin. Maka dari itu perpustakaan sebagai lembaga yang bersangkutan langsung terhadap fenomena ini mengambil langkah-langkah yang mendukung agar program minat baca masyarakat dapat kembali digalakan, salah satunya yaitu dengan program perpustakaan keliling.
Perpustakaan keliling merupakan suatu program yang memudahkan akses masyarakat yang susah untuk menjangkau fasilitas dan ketersediaan perpustakaan umum yang jauh dari lokasi tempat tinggal mereka.
Perpustakaan keliling menyediakan buku-buku yang beragam dari segala edisi yang ada terutama bagi anak-anak, sebagaimana kita ketahui bahwa memupuk minat baca pada usia dini dapat menghasilkan budaya baca yang konsisten dan beragam dikarenakan rasa ingin tau anak-anak yang tinggi.
Kabupaten bekasi sendiri melalui Badan Arsip dan Perpustakaan telah menjalankan program perpustakaan keliling keseluruh 23 kecamatan yang ada. Tiap titik di kecamatan kita jangkau baik lingkungan sekolah hingga masyarakat umum. Tidak hanya disitu perpustakaan keliling juga hadir disetiap event kemasyarakat seperti event car free day, pameran kabupaten bekasi, dan event-event lainnya.
Banyak keuntungan yang didapatkan dari adanya perpustakaan keliling ini, baik untuk individu maupun kelompok. Maka dari itu manfaatkanlah sebaik-baiknya layanan dari perpustakaan keliling ini dan jadikan sebagai motivasi untuk menggalakan kembali minat baca masyarakat.