PENGUMUMAN

ARTIKEL PERPUSTAKAAN

Oleh : Fitri Syifah Khotimah

MARI BERALIH KE PERPUSTAKAAN MODERN

Redaksi | Rabu, 05 Juli 2017 - 14:11:24 WIB | dibaca: 1058 pembaca

Pada umumnya misi perpustakaan adalah menyediakan layanan informasi terbaik bagi penggunanya. Seiring berkembangnya teknologi, peran perpustakaan semakin tergeser untuk pemenuhan kebutuhan informasi. Masyarakat luas kini lebih banyak menggunakan internet untuk mendapatkan informasi daripada datang ke perpustakaan.

Perpustakaan harus lebih  mempertahankan keberadaannya di tengah perkembangan teknologi saat ini. Para pustakawan harus lebih aktif untuk menciptakan layanan perpustakaan yang modern dan ideal serta diminati oleh masyarakat luas.

Sebuah perpustakaan dikatakan modern jika dapat memberikan layanan jasa informasi yang menarik untuk kebutuhan penggunanya. Perpustakaan modern tidak hanya menyediakan ruangan yang memiliki desain elegan dengan beragam jenis buku, namun juga harus menyediakan ruang tanpa batas waktu dengan koleksi buku serta koleksi digital lainnya.

Kamus Kepustakawanan yang ditulis oleh Lasa HS, mengatakan bahwa perpustakaan harus memberi layanan prima yaitu layanan yang cepat, tepat, mudah dan berorientasi kepada pemustaka agar mereka puas.

Perkembangan perpustakaan modern tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang  mempermudah penyajian informasi dan data. Data-data dan informasi yang dimiliki oleh perpustakaan dikemas menjadi sebuah media yang rapi dan menarik, kemudian disajikan secara simple dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Melalui website lah media-media tersebut dapat disajikan. Perpustakaan sayangnya mempunyai sebuah website untuk menyediakan data informasi yang mudah diakses sehingga dapat menambah poin  dalam pemenuhan kepuasan layanan kepada pemustaka.

Layanan E-library merupakan contoh dari penerapan perpustakaan modern. Perpustakaan ini menggunakan teknologi informasi di seluruh kegiatannya, namun perpustakaan ini juga menyimpan informasi tercetak dan informasi elektronik. Biasanya E-library memiliki sebuah website untuk menampilkan segala jenis koleksi perpustakaan yang mereka miliki.

Pemanfaatan sistem informasi akan menambah sistem peminjaman dan pelayanan informasi kepada pemustaka akan berubah. Sistem informasi menyediakan disediakan katalog yang dapat diakses oleh umum secara langsung, yaitu INLIS Lite. INLIS Lite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011.

 Sehingga para pemustaka dapat menikmati layanan perpustakaan ini tanpa batasan ruang dan waktu. Pemustaka bisa saja menikmati layanan perpustakaan ketika malam hari, bahkan ketika sedang berada di tengah kemacetan jalan mereka tetap bisa menikmati layanan perpustakaan ini. Sistem perpustakaan digital ini memiliki kelebihan bahwa segala informasi yang tersedia dapat diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Perpustakaan ini menggunakan pelayanan melalui e-mail atau surat elektronik.

Selain itu perpustakaan modern juga harus memiliki desain dan layanan yang berbeda, misalnya sebuah perpustakaan bisa saja menyediakan layanan self-service check-in. Layanan ini memungkinkan pemustaka untuk memeriksakan bahan pustaka yang akan mereka pinjam atau kembalikan tanpa bantuan pustakawan. Jadi sistem ini bekerja seperti mesin scanner, mesin ini dapat mendeteksi buku mana yang diambil tanpa dipinjam terlebih dahulu. Mesin ini dapat mendeteksi sebuah praktek pencurian terhadap bahan pustaka yang ada di perpustakaan. Selain teknologi informasi seperti tersebut diatas, hal lain yang perlu diperhatikan terkait perpustakaan modern adalah tampilan ruang sebaiknya diubah menjadi sebuah ruangan yang berwarna dan tidak monoton, misal pada jajaran rak bukunya, setiap rak diberi warna yang berbeda atau menggunakan rak yang sedikit berpola melengkung.

 










Komentar Via Website : 1
itoxixuh
06 April 2019 - 15:14:29 WIB
[url=okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/]Amoxicilli n 500mg Capsules[/url] <a href="okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/" ;>Amoxicillin 500 Mg</a> ovd.oeoo.basipda.bekasikab.go.id.zkh.hh okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)