PENGUMUMAN

ARTIKEL PERPUSTAKAAN

JULIARDI NURFIKRI

MENUMBUHKAN BUDAYA BACA ANAK SEJAK DINI

Redaksi | Kamis, 30 November 2017 - 14:40:20 WIB | dibaca: 841 pembaca

Anak-anak pada masa kini lebih menyukai menonton televisi dan bermain game. Ditambah pesatnya kemajuan teknologi, seperti menjamurnya telepon pintar, mereka semakin jauh dari kegiatan membaca dan kegiatan lain yang lebih mendatangkan manfaat positif. Sehingga setiap anak harus diperkenalkan dengan bacaan agar mereka cepat menguasai bahasa serta mahir dalam membaca. Anak merupakan investasi yang paling berharga bagi setiap orang tua. Karena dengan hadirnya seorang anak akan menimbulkan berbagai harapan didalam benak setiap orang tua. Setiap orangtua juga menginginkan anak-anak mereka cerdas dan memiliki wawasan yang luas, dan kecerdasan dapat dipupuk dalam diri anak sejak dini. 

Membaca merupakan kegiatan yang produktif untuk dilakukan, mengingat membaca begitu penting untuk dilaksanakan dalam kehidupan manusia. Namun perlu diingat orang tua dalam melaksanakannya untuk tetap memperhatikan perkembangan dari anak, sehingga tidak terdapat unsur pemaksaan. Menumbuhkan budaya baca sejak dini pertama kali harus ditanamkan melalui pendidikan dan kebiasaan keluarga. Membaca adalah proses untuk memperoleh pengertian dari kombinasi beberapa huruf dan kata.

Menumbuhkan Budaya baca sejak dini pada anak merupakan langkah untuk menciptakan generasi yang berkualitas di kemudian hari. Budaya baca harusnya selalu dikembangkan.  Dengan demikian, akan menjadi kebutuhan hidup dan Budaya. Oleh karena itu, kebiasaan membaca (reading habit) harus ditanamkan pada anak sejak dini. Setiap anak harus diperkenalkan dengan bacaan agar mereka cepat menguasai bahasa serta mahir dalam membaca. Sejarah mengajarkan bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang gemar membaca oleh karena itu kecerdasan dan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi kian bertambah sehingga terjadi peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) yang diperlukan untuk upaya pembangunan yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Padahal upaya menumbuhkan minat baca bukannya tidak dilakukan. Pemerintah melalui lembaga yang relevan telah mencanangkan program minat baca. Hanya saja yang dilakukan oleh pemerintah maupun institusi swasta untuk menumbuhkan budaya baca sejak dini belum optimal. Oleh karena itu, agar bangsa Indonesia dapat mengejar kemajuan yang telah dicapai oleh negara-negara tetangga, perlu menumbuhkan budaya baca sejak dini. Sejak mereka mulai dapat membaca. Dengan menumbuhkan minat baca sejak anak-anak masih dini, diharapkan budaya membaca masyarakat Indonesia dapat ditingkatkan.

Sudah saatnya bangsa Indonesia membutuhkan generasi penerus yang berkualitas. Hal itu dapat ditempuh dengan membiasakan kegiatan membaca pada anak-anak. Menumbuhkan budaya baca anak sejak dini jangan dianggap hal yang remeh. Namun, sebuah keharusan yang harus dilakukan. Dan kegiatan ini harus dengan pengawasan orang tua tentunya. Karena anak-anak masih perlu arahan dan bimbingan yang baik. 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)