PENGUMUMAN

ARTIKEL PERPUSTAKAAN

Oleh : Ria A.

PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DAN PENGOLAHAN : BAHAN PUSTAKA

Redaksi | Kamis, 06 Juli 2017 - 10:55:54 WIB | dibaca: 1240 pembaca

Pengadaan bahan pustaka adalah upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas bahan pustaka. Upaya peningkatan kualitas bahan pustaka dilakukan dengan mengadakan bahan pustaka yang belum dimiliki atau yang terbaru sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peningkatan kuantitas bahan pustaka adalah upaya peningkatan jumlah bahan pustaka agar kebutuhan warga sekolah dapat dipenuhi. Pengadaan bahan pustaka dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut:

a. pembelian

b. Tukar-menukar

c. Hadiah

d. Terbitan berseri

Pengelolahan bahan pustaka yang masuk ke perpustakaan baik perpustakaan umum maupun khusus wajib diolah dengan baik agar proses temu kembali informasi nantinya berjalan
lancar dan mewujudkan tertib administrasi. Proses kegiatan pengelolaan yaitu: inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, dan shelving.

1.      Inventarisasi

Kegiatan inventarisasi merupakan tindak lanjut setelah diterimanya koleksi. Jadi, sesungguhnya kegiatan inventarisasi berkaitan langsung dengan pengadaan. Inventarisasi dalam bidang perpustakaan merupakan suatu kegiatan mencatat pustaka yang menjadi milik perpustakaan, Berikut ini ada beberapa hal yang dilakukan dengan menginventaris koleksi perpustakaan:

·         Setiap bahan pustaka yang baru diterima harus diberi cap perpustakaan pada halaman judul dan halaman tertentu yang sudah disepakati.

·         Setiap bahan pustaka didaftarkan dalam buku induk. Buku ini memuat kolom yang berisi tentang: nomor urut buku masuk, tanggal masuk ke buku induk, pengarang, judul, edisi dan tahun, serta penerbit sumber.

·         Untuk bahan bukan buku seperti majalah, kaset, dvd, dapat disediakan buku induk tersendiri atau minimal dalam bentuk daftar bahan bukan buku.

·         Pemberian cap/stempel perpustakaan sebagai tanda kepemilikan tetap dilakukan.

2.      Klasifikasi

Klasifikasi adalah pengelompokan yang sistematis daripada sejumlah objek, gagasan, buku atau benda-benda lain kedalam kelas atau golongan tertentu berdasarkan cirri-ciri yang sama. Sistem klasifikasi di Indonesia yaitu system DDC (Dewey Decimal Clasification).

3.      Katalogisasi

Katalogisasi adalah proses pembuatan daftar pustaka (buku, majalah, CD, film mikro dan sebagainya) milik suatu perpustakaan. Daftar ini berfungsi untuk mencatat koleksi yang dimiliki, membantu proses temu kembali, dan mengembangkan standar-standar bibliografi internasional.

 4.      Shelving

   Shelving adalah kegiatan penjajaran koleksi kedalam rak atau tempat koleksi berdasarkan sistem tertentu. Tujuannya agar dapat ditemukan kembali dengan mudah.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)