PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Robiatul Hadawiah, SS

PENGARUH GENDER DALAM PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA

Redaksi | Jumat, 06 Oktober 2017 - 10:21:06 WIB | dibaca: 651 pembaca

Perempuan bekerja saat ini sudah tidak asing lagi. Perempuan keuar rumah mencari nafkah bukan pula sesuatu yang aneh. Perempuan mendominasi di bidang lingkungan pekerjaan tertentu juga mulai menjamur. Bahkan pekerjaan-pekerjaan dimana lebih pantas sekiranya dilakukan oleh kaum lelaki banyak pula diminati kaum perempuan. Banyak contoh lainnya dimana perempuan menduduki posisi penting dalam pekerjaan. Kasus suami istri bekerja dimana pendapatan istri lebih besar disbanding suami, sampai yang paling ekstrem namun banyak dijumpai dalam kehidupan nyata, yaitu istri yang bekerja mencari uang, menghidupi keluarga, sementara suami dirumah. Suami berada di rumah pun bermacam-macam karakter, ada yang mau membantu pekerjaan istri seperti mencuci, menyetrika, mengepel, bahkan memasak dan menjaga anak. Akan tetapi saat ini sering dijumpai tabiat suami yang bisa dikatakan tidak tahu diri dan tidak tahu malu. Sudh tidak bisa menafkahi anak istri, tidak mau pula membantu meringankan pekerjaan istri dirumah.

Kondisi perempuan bekerja menimbulkan pro dan kontra. Ketika masih lajang, karir perempuan bukan sesuatu yang dianggap masalah. Berbeda ketika sudah berumah tangga, menikah dan memiliki anak tidak sedikit kaum perempuan menemui kesulitan membagi waktu antara kantor dan rumah. Pada akhirnyaketika keduanya tidak bisa diimbangi makan akan berujung kepada satu keputusan dimana perempuan harus memilih. Apabila memilih untuk berhenti bekerja dengan konsekuensi berkurangnya pendapatan keluarga serta anggapan tidak lagi terpakai ilmu yang susah payah diraih saat bnagku kuliah, maupun perjuangan dan pengorbanan lainnya saat melamar pekerjaan, maka perempuan harus siap menerima pendapatan suami dan ia focus mengurus anak dan rumah tangga. Lain halnya ketika perempuan memutuskan untuk resign dari kantor dan memilih berwirausaha di rumah.

Apabila perempuan lebih memilih karir atau pekerjaannya dibandingkan mengurus rumah tangga, maka diharapkan mampu membagi waktu dengan baik, mampu mengkondisikan keadaan rumah, menerapkan disiplin kepada setiap anggota keluarga terhadap tugas, hak dan kewajiban mereka dirumah, harus siap dengan kondisi tidak bisa selalu ada untuk keluarga, khususnya waktu untuk anak, terlebih anak yang masih membutuhkan ASI atau anak usia balita. Beberapa hal yang mendasari perempuan menikah harus bekerja diantaranya yang paling krusial adalah dikarenakan membantu financial keluarga. Pendapatan suami dianggap tidak mencukupi kebutuhan selama satu bulan penuh. Kebutuhan pribadi masing-masing sudah banyak apalagi ditambah kebutuhan anak yang semakin besar akan semakin membengkak. Ibu bekerja  bukan sesuatu hal yang aneh di jaman sekarang ini, terutama di kota-kota besar. Rutinitas mengurus rumah tangga terkadang dianggap pekerjaan yang melelahkan sekaligus membosankan, karena yang diurus setiap hari itu itu saja dan tidak menghasilkan uang. Maka dari itu banyak ibu rumah tangga yang ketika lajang sudah bekerja ketika menikah berhenti bekerja, beberapa tahun kemudian kembali bekerja, entah bekerja kantoran atau bekerja dirumah sambal mengurus keluarga tercinta.

Kaum perempuan yang bekerja di rumah pun ternyata mampu menghasilkan omset yang besar, bahkan lebih besar dari pekerjaan kantoran, contohnya dari yang awalnya Cuma iseng-iseng menjalankan bisnis online, kemedian barang yang dijajakan ternyata disukai dan lama kelamaan permintaan barang semakin meningkat yang membuat jasa pengiriman otomatis meningkat, peluang tersebut dimanfaatkan dengan menggandeng kerja sama dengan jasa pengiriman online sehingga untung yang didapat pun bisa meningkat. Peningkatan omset akan meningkatkan pendapatan keluarga.Istri bisa membantu suami mencari nafkah. Istri bisa mengurus rumah tangga dan kelurganya sambal bekerja. Keuntungan yang didapat bisa membantu bahkan meningkatkan keuangan keluarga. Peningkatan ekonomi keluarga akan menumbuhkan kesejahteran dan keharmonisan keluarga pada umumnya. Betapa besar peran seorang perempuan sekaligus ibu dalam menciptakan kebahagiaan didalam lingkungan keluarga.










Komentar Via Website : 2
walatra
15 November 2017 - 14:37:27 WIB
okok://Asysyifâherbalterpercaya.com/khasiat-walatra-g-sea/
okok://Asysyifâherbalterpercaya.com/walatra-gamat-emas-kapsul /
okok://Asysyifâherbalterpercaya.com/khasiat-walatra-seha t-mata-softgel/
okok://Asysyifâherbalterpercaya.com/khasia t-walatra-berry-jus/
Penyembuhan Leukimia Stadium Awal
06 November 2017 - 09:26:34 WIB
Simak beberapa artikel berikut ini ? okok://bekasikab.go.id.gl/Nurw7T | okok://bekasikab.go.id.gl/3zU4FK | okok://bekasikab.go.id.gl/DZCPc1 | okok://bekasikab.go.id.gl/JwU9Qk | okok://bekasikab.go.id.gl/xp7fgi
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)