PENGUMUMAN

ARTIKEL PERPUSTAKAAN

Oleh : Reyhan Azinudin Arkhan

PENGARUH PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Redaksi | Rabu, 05 Juli 2017 - 14:17:30 WIB | dibaca: 944 pembaca

Perpustakaan sekolah akan menjawab segala permasalahan pada siswa yang berkaitan dengan tugas-tugas dari guru, sehingga perpustakaan merupakan sarana yang diharapkan oleh seluruh siswa, guru dan karyawan sekolah. Melalui perpustakaan sekolah kepandaian membaca ini dimanfaatkan dan dikembangkan, dengan tuntunan guru dan pustakawan sebagai pembimbing siswa untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan belajar-mengajar. Perpustakaan sekolah sangat bermanfaat dalam penyelenggaraan dan proses belajar-mengajar, sehingga setiap sekolah diwajibkan untuk menyediakan perpustakaan karena perpustakaan merupakan bagian dari kegiatan sekolah.

Perpustakaan sekolah diharapkan memberikan kesempatan kepada para pemustaka agar dapat memperoleh berbagai sumber pemecahan masalah yang dijumpai dalam proses belajar-mengajar. Kebutuhan akan adanya perpustakaan sekolah timbul dari proses pendidikan itu sendiri, sehingga banyak hal yang perlu dilayani oleh perpustakaan sekolah seperti memperkaya bahan mengajar, melengkapi alat-alat peraga yang diharapkan dapat menunjang efektifitas dan efisiensi belajar-mengajar, menyediakan berbagai sumber informasi dan perpustakaan juga menumbuhkan kreativitas siswa dalam membaca.

Perpustakaan sekolah menyediakan informasi dan ide yang merupakan dasar keberhasilan fungsional dalam masyarakat masa kini yang berbasis pengetahuan dan informasi. Perpustakaan sekolah membekali peserta didik berupa keterampilan pembelajaran sepanjang hayat serta imajinasi, memungkinkan mereka hidup sebagai warganegara yang bertanggungjawab. Syarat mutlak peserta didik untuk dapat menggunakan perpustakaan adalah mereka harus bisa membaca dan mempunyai minat baca.

Membaca adalah keterampilan pertama yang diajarkan guru kepada peserta didik di bangku sekolah. Bagi anak-anak membaca menjadi kunci sukses untuk mengkiuti pendidikan di sekolah, bahkan selama hidup. Bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikan merupakan kunci meraih sukses dalam kehidupan. Anak-anak yang memiliki kemampuan membaca dengan baik memiliki peluang meraih pendidikan yang lebih tinggi. Bagi masyarakat yang memiliki kemampuan membaca dengan baik memiliki peluang mendapatkan pekerjaan dan meraih sukses dalam kehidupan. Gemar membaca (reading literacy) merupakan kemampuan untuk memahami dan mengerti isi teks tertulis serta menerapkan dalam praktek. Membaca adalah elemen kunci dari literasi (literacy) yaitu kemampuan membaca, menulis, dan menghitung. Literasi merupakan hak asasi manusia, dan merupakan jantung dari pendidikan. Literasi hanya dapat dicapai melalui proses pendidikan khususnya pada pendidikan dasar. Keberlanjutan memiliki keterampilan literasi bagi remaja dan anak dewasa diperoleh dan dikembangkan melalui proses pembelajaran di sekolah dan pendekatan yang lain.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)