PENGUMUMAN

INFORMASI KEARSIPAN

Pembinaan Pengelola Kearsipan

Pengelola Kearsipan SKPD, Ujung Tombak Tertib Administrasi Pemerintahan

Redaksi | Senin, 15 Februari 2016 - 16:10:22 WIB | dibaca: 1919 pembaca

Pada hari Rabu dan Kamis, 10 dan 11 Februari 2016, bertempat di Ruang Office Theater Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi,  dilaksanakan pembinaan terhadap 100 orang pengelola kearsipan SKPD. Pengelola kearsipan ini berasal dari 67 SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi, yang telah di tetapkan melalui Keputusan Bupati Bekasi Nomor 045/Kep. 416-BASIPDA/2015 tentang Penunjukkan Pengelola Arsip SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Penetapan pengelola kearsipan SKPD ini merupakan implementasi dari Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi Nomor 2 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Kearsipan, dimana pada pasal 67 Perda tersebut diamanatkan agar setiap SKPD memiliki pengelola kearsipan paling sedikit 1 (satu) orang.  Dalam masa peralihan, kegiatan yang berkaitan dengan pengelola kearsipan SKPD dikoordinasikan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi sebagai Lembaga Kearsipan Daerah yang memiliki fungsi pembinaan kearsipan.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah, Ida Farida menyatakan mengenai betapa pentingnya peranan arsip dalam mendukung terwujudnya tertib administrasi dalam rangka Good Governance, karena setiap Aparat Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan tupoksinya pasti akan menghasilkan arsip yang apabila tidak dikelola dengan baik bahkan dapat dikenakan sanksi pidana sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Para pengelola Kearsipan SKPD ini diharapkan dapat menjadi ujung tombak Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam upaya mewujudkan tertib arsip pemerintahan serta dalam rangka pengamanan dan penyelamatan arsip sebagai memori kolektif dan bukti pertanggungjawaban pemerintah, baik di daerah Kabupaten Bekasi pada khususnya dan secara nasional pada umumnya.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)