PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Oleh : JULIARDI NURFIKRI

PENGENALAN PERPUSTAKAAN

Redaksi | Selasa, 24 Januari 2017 - 09:29:00 WIB | dibaca: 982 pembaca

Membaca merupakan salah satu aktifitas yang sangat bermanfaat dalam kehidupan menusia. Dengan membaca kita dapat mengetahui apa yang ada dalam dunia ini. Dan kita dapat menikmati ragam buku dalam perpustakaan. Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk mengakses bacaan. Hampir setiap negara mempunyai perpustakaan, dan juga Indonesia. Di Indonesia minat baca masyarakat masih sangat rendah sehingga buku sangat jarang dibaca, dan perpustakaan yang ada disekolah jarang dikunjungi. Faktor yang menjadikan perpustakaan sekolah dikunjungi adalah karena tidak adanya figur dari guru yang senang membaca, tidak adanya ruang yang representatif dan juga tidak adanya buku-buku yang menarik bagi siswa untuk dibaca, hal ini menyebabkan minat baca dikalangan siswa tidak bertambah.
Perpustakaan adalah tempat yang digunakan untuk menghimpun dan meyimpan, buku, majalah, tabloid, bahan cetakan dan rekaman tentang suatu hal yang digunakan untuk kepentingan umum. Menurut para ahli, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Perpustakaan merupakan sebuah lembaga yang mengelola sumber informasi yang menduduki posisi penting dalam lingkungan pendidikan dan tempat pelatihan bagi seseorang yang peduli dengan ilmu pengetahuan, baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat pada umunya. Demikian juga dengan adanya perpustakaan sekolah, tujuan awal dari pendirian perpustakaan sekolah adalah sebagai sumber informasi dan pengetahuan dilingkungan sekolah dan juga digunakan sebagai tempat awal untuk mengembangkan minat dan budaya membaca bagi seorang siswa.
Menumbuhkan minat dan budaya membaca dalam kehidupan siswa bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Walaupun kita semua tahu bahwa membaca mempunyai dampak positif bagi kita semua, karena membaca merupakan modal dasar bagi siswa yang sedang menjalani proses belajar mengajar, mereka dapat mengembangkan daya imajinasinya dan yang lebih penting adalah dengan membaca siswa bisa mendapatkan ilmu yang bermacam-macam dan kelak akan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain. Inilah manfaat yang diperoleh dari aktifitas membaca bagi seorang siswa.