PENGUMUMAN

ARTIKEL PERPUSTAKAAN

Oleh : MUHAMAD RIZKI RABBANI, S.Kom

PERPUSTAKAAN DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Redaksi | Selasa, 17 Mei 2016 - 12:17:24 WIB | dibaca: 815 pembaca

Dalam kamus besar Wikipedia (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan_digital ), perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan secara umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Tidak  sedikit pengunjung perpustakaan yang datang untuk membaca, banyak masyarakat juga yang merasa terbantu untuk mendapatkan informasi. Untuk pengunjung sendiri tidak hanya masyarakat sekitar, tetapi juga banyak anak sekolah dan mahasiswa yang mencari jurnal-jurnal ilmiah dan karya tulis seseorang. Bagi mereka perpustakaan adalah gudang ilmu kedua setelah sekolah.

Di jaman globalisasi dan dengan maju nya dunia teknologi yang selalu up to date. Dengan semakin maju nya teknologi, banyak perpustakaan yang semakin berkembang juga mengikuti teknologi. Kemudian muncul lah istilah digital library atau electronic library atau virtual library yang merupakan kumpulan koleksi-koleksi buku dengan bentuk format digital yang bisa di akses dengan komputer. Adapun jenis dari koleksi-koleksi dalam format digital sendiri, yang pertama ada jenis full text yang hanya berisikan dengan tulisan. Kedua ada jenis page image atau halaman gambar yang setiap halamannya hanya berisikan dengan gambar-gambar, namun terkadang bisa berisikan dengan text untuk memeberikan penjelasan pada gambar. Biasanya kalau jenis full text formatnya bisa dalam pdf dan e-book.

Adapun portal jejaring perpustakaan digital, yaitu IOS atau ”INDONESIA ONE SEARCH” yang diluncurkan oleh PERPUSNAS. Dari data Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sampai dengan 2 Maret 2016 tidak kurang sudah ada 25.000 perpustakaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke yang terdiri dari 22.000 perpustakaan sekolah, 1.500 perpustakaan umum, 1.000 perpustakaan khusus, 845 perpustakaan perguruan tinggi/universitas (sumber : www.pnri.go.id). Karena sesuai dengan UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan mengamanatkan peningkatan pelayanan dilakukan dengan memanfaatkan sistem jejaring perpustakaan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Tujuan dengan adanya IOS ini diharapkan perpustakaan lainnya yang belum bergabung agar bisa bergabung dan saling men share koleksi buku dan karya ilmiahnya dan bagi masyarakat baik pegawai, murid sekolah dan mahasiswa dapat dengan mudah mencari informasi buku, jurnal, berita, dan karya ilmiah digital.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)