PENGUMUMAN

ARTIKEL PERPUSTAKAAN

Oleh : Ria A.

PERPUSTAKAAN KHUSUS DI INDONESIA

Redaksi | Kamis, 06 Juli 2017 - 11:04:06 WIB | dibaca: 4121 pembaca

Tujuan perpustakaan khusus didirikan untuk mendukung visi dan misi lembaga-lembaga khusus dan berfungsi sebagai pusat informasi khusus terutama berhubungan dengan penelitian dan pengembangan. Biasanya perpustakaan ini berada di bawah badan, institusi, lembaga atau organisasi bisnis, industri, ilmiah, pemerintah, dan pendidikan misal perguruan tinggi, perusahaan, departemen, asosiasi profesi, instansi pemerintah dan lain sebagainya. Perpustakaan khusus biasanya  mempunyai karakteristik khusus apabila dilihat dari fungsi, subyek yang ditangani, koleksi yang dikelola, pemakai yang dilayani, dan kedudukannya. Sehingga akan terlihat dengan jelas perbedaannya dengan perpustakaan-perpustakaan pada umumnya. Perpustakaan khusus juga berfungsi sebagai pusat rujukan dan penelitian, memperlancar pelaksanaan tugas lembaga induk yang menaunginya, dan berfungsi sebagai pusat referal dan penelitian serta sarana untuk mempelancar pelaksanaan tugas lembaga atau instansi yang bersangkutan. Ada juga bahwa perpustakaan khusus sebagai kekhususan dalam hal informasi yang dikemas, koleksi yang dimiliki, pengguna, dan juga cara pengelolaannya. Perbedaaan perpustakaan khusus dari perpustakaan jenis lainnya terutama pada jenis koleksi dan pemakai perpustakaan tersebut.

Koleksi (buku, majalah, koleksi digital) yang ada di perpustakaan khusus terbatas pada satu atau beberapa subjek saja. Hal ini berbeda dengan perpustakaan umum atau perpustakaan nasional yang menyediakan literatur dari semua subjeknya. Oleh karena sifat koleksinya tersebut, maka pengguna perpustakaan khusus pun terbatas pada orang-orang yang menaruh  minat secara mendalam pada subjek tertentu. Pendalaman terhadap subjek koleksi ini tidak dapat dilakukan di perpustakaan umum yang memiliki pada keluasan subjek, Ada enam jenis perpustakaan khusus, Sebagai Berikut :

1. Perpustakaan yang berada di bawah naungan sebuah perusahaan yang berorientasi pada tujuan mencari keuntungan.

2. Perpustakaan yang berada di dalam departemen atau lembaga negara non departemen. termasuk di dalamnya adalah perpustakaan pada jenjang direktorat jenderal, direktorat, dan biro.

3. Perpustakaan yang berada di dalam lembaga penelitian dan pengembangan, di sini perpustakaan merupakan unit penunjang kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh lembaga tersebut.

4. Perpustakaan yang ada di dalam sebuah pusat informasi dan dokumentasi.

5. Perpustakaan perguruan tinggi, termasuk di dalamnya adalah perpustakaan di tingkat fakultas, jurusan, dan lembaga-lembaga penelitian yang ada di dalam perguruan tinggi tersebut.

6. Perpustakaan yang dikelola oleh lembaga lain dengan koleksi khusus dan pemakainya yang juga khusus.

Berdasarkan jenis-jenis perpustakaan khusus yang telah diuraikan di atas, maka yang termasuk ke dalam perpustakaan khusus di Indonesia adalah : Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII – LIPI). Bertugas melaksanakan pembinaan dan pemberian jasa dokumentasi dan informasi ilmiah sesuai dengan kebijaksanaan LIPI. Perpustakaan ini berkedudukan di beberapa kota, antara lain Jakarta dan Bandung. Pusat Perpustakaan Biologi dan Pertanian (PUSTAKA). Perpustakaan yang didirikan pada tahun 1817 ini semula bernama Bibliotheca Bogoriensis. PUSTAKA yang berkedudukan di Bogor ini merupakan perpustakaan biologi dan pertanian yang terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Perpustakaan ini berrtugas mengelola dan mengembangkan informasi perpustakaan dan publikasi ilmiah di bidang biologi dan pertanian. Perpustakaan Jaringan Kesehatan dan Kedokteran. Perpustakaan ini berada di bawah naungan Departemen Kesehatan, tepatnya di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Salah satu tugasnya adalah menerbitkan Index Medicus Indonesia.

Perpustakaan Rumah Sakit. Perpustakaan rumah sakit bertugas memberikan layanan literatur medis kepada staf medis, paramedis, staf nonmedis, hingga pasien. Rumah sakit yang memiliki perpustakaan ini antara lain Rumah Sakit Hasan Sadikin (Bandung), Rumah Sakit Pusat Pertamina (Jakarta), dan Rumah Sakit St Carolus (Jakarta). Perpustakaan Bank. Koleksi pada perpustakaan khusus ini terbatas pada subjek yang berkaitan dengan tugas bank, seperti kebijakan ekonomi, perbankan, dan kebijakan moneter. Perpustakaan Departemen. Perpustakaan khusus jenis ini berada dan dikelola oleh departemen yang berada di tingkat pusat. Perpustakaan Lembaga Nondepartemen. Termasuk di sini adalah Perpustakaan DPR, DPA, MA, BKKBN, Arsip Nasional, Sekretariat Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Badan Urusan Logistik (Bulog), dan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional.

Perpustakaan Industri. Perpustakaan khusus jenis ini berfungsi menunjang penelitian dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh perusahaan induk. Termasuk jenis perpustakaan ini antara lain Perpustakaan PT Bio Farma (Bandung), Perpustakaan PT Semen Gresik (Gresik), dan sebagainya. Perpustakaan Lembaga Penelitian. Perpustakaan jenis ini berfungsi mengumpulkan dan menyediakan berbagai literatur mengenai suatu subjek untuk menunjang penelitian dan pegembangan yang dilakukan oleh Badan Induk. Termasuk jenis perpustakaan ini antara lain: Perpustakaan Observatorium Bosscha (Bandung), Perpustakaan Pusat Reaktor Atom (Bandung), Perpustakaan Biotrop-SEAMEO (Bogor), dan sebagainya. Perpustakaan Rumah Ibadah. Termasuk di sini adalah perpustakaan masjid, perpustakaan vihara, perpustakaan pura, dan perpustakaan gereja.

Fungsi dan Tujuan Perpustakaan Khusus, kesuksesan sebuah perpustakaan khusus berkaitan erat dengan kualitas dari manajemen perpustakaan tersebut. Manajemen perpustakaan khusus sebagian pustakaan tersebut dapat melayani dan menyediakan kebutuhan informasi untuk organisasi induknya dalam mencapai tujuannya. Hal ini berkaitan erat dengan fungsi dan tujuan perpustakaan khusus yang dibuat untuk membantu kegiatan organisasi induknya. Adapun fungsi perpustakaan khusus adalah:

1.   Untuk keperluan perencanaan, pengambilan keputusan, dan pemecahan persoalan.

2. Untuk kebutuhan riset dan pengembangan para staf yang terlibat dalam berbagai tugas penelitian dan pengembangan.

3.   Untuk kepentingan pendidikan dan latihan yang diselenggarakan oleh kantor atau instansi tersebut.

4.   Sebagai tempat pemeliharaan dan perawatan dokumen darikantor atau instansi yang bersangkutan.

Tujuan dan peran utama dari perpustakaan khusus adalah untuk mendukung visi dan misi organisasi induknya dalam mencapai tujuannya dan untuk menyediakan layanan informasi kepada orang-orang yang merupakan bagian dari organisasi induknya, di manaperpustakaan khusus tersebut bernaung.










Komentar Via Website : 4
uivimehiq
25 April 2019 - 16:32:40 WIB
[url=okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/]Amoxicilli n 500 Mg[/url] <a href="okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/" ;>Amoxicillin 500mg Capsules</a> udl.njtw.basipda.bekasikab.go.id.cbi.ih okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
odugosesasu
25 April 2019 - 17:07:15 WIB
[url=okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/]Buy Amoxicillin Online[/url] <a href="okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/" ;>Amoxicillin Online</a> tuh.qqdd.basipda.bekasikab.go.id.qrc.ib okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
ekowijemitefe
28 Mei 2019 - 07:45:34 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Amoxicillin Online[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Buy Amoxicillin</a> nbi.ipdv.basipda.bekasikab.go.id.cbr.cc okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/
apodosefosuza
28 Mei 2019 - 08:14:00 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Amoxicillin[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amo xicillin</a> wya.frcj.basipda.bekasikab.go.id.zzi.yl okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)