PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Oleh : IYAN BILLY FERMANA, S.Ikom

READING CONTEST KABUPATEN BEKASI “MEMBACA ITU ASIK”

Redaksi | Selasa, 24 Januari 2017 - 09:17:24 WIB | dibaca: 302 pembaca

Di era yang serba modern ini, nampaknya membaca buku seakan semakin tertinggal dibandingkan dengan bermain handphone atau gadget, bagaimana tidak, dengan memanfaatkan teknologi handphone atau gadget kita sudah bisa mendapatkan informasi yang kita mau hanya mengetik di layar handphone atau gadget kita.
Namun tidak semua informasi yang kita dapatkan itu tidak mengandung resiko, yang artinya walaupun dengan mudahnya kita dapat mencari jawaban atau informasi melalui handphone atau gadget kita, bukan berarti informasi itu pasti benar dan terpercaya. Karena di era teknologi yang canggih inilah kita juga dapat dengan mudahnya membuat atau mengakses berita – berita atau informasi – informasi yang palsu atau disebut hoax, bukannya mendapat informasi akurat namun bisa menjadi informasi menyesatkan yang kita dapat.
Salah satu program daerah Kabupaten Bekasi, khususnya dari bidang perpustakaan membuat suatu acara atau kegiatan demi menanamkan sifat membaca itu asik, dan tidak harus selalu dengan gadget kita saja, seperti kegiatan Bekasi Reading Contest yang merupakan program sosialisasi budaya gemar membaca bagi masyarakat di Kabupaten Bekasi, merupakan program evaluasi dari semua rangkaian sosialisasi gemar membaca  BASIPDA kabupaten Bekasi. Dan menyiapkan generasi bekasi yang cerdas dan siap menghadapi persaingan dunia kerja.
Reading contest bertujuan untuk mewujudkan generasi yang cerdas, menyiapkan generasi yang menyukai literasi, membantu para siswa untuk belajar dan mencapai hasil optimal melalui peningkatan kemampuan literasi, dan mengubah mind set bahwa membaca itu belajar yang membosankan menjadi hiburan yang menarik.
Bagaimana tidak, di luar dugaan antusias peserta reading contest, terutama para pelajar smp yang memang menjadi sasaran utama Kabupaten Bekasi dalam menggelar acara ini sangat luar biasa, dari Kabupaten terdekat seperti Cikarang dan sekitarnya, hingga Kabupaten Taruma Jaya pun ikut mengirimkan para siswanya untuk ikut acara ini, dan memang benar dari keseluruhan acara ini sangat bisa dilihat para siswa yang sangat semangat dan ceria atau kata lain “asik” dalam mengikuti acara Reading Contest ini, yang telah diselenggarakan di SMPN 2 Cikarang Barat yang berlangsung dalam 1 hari tersebut.