PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Mardhony Mahsyur

Resensi : Bakat Bukan Takdir

Redaksi | Rabu, 27 Desember 2017 - 11:34:56 WIB | dibaca: 6604 pembaca

ISI                              :   

Penulis : Bukik Setiawan dan Andrie Firdaus

Tebal Buku : 250 halaman

Penerbit : Buah Hati

Tahun Terbit : 2016

Bukik, penulis buku ini akan membahas bagaimanakah orang tua dapat mendidik anak dengan baik dengan menyesuaikan zaman yang serba modern kini. Pada era globalisasi kini segala informasi bermunculan di mana-mana, dari informasi tertulis dalam media majalah atau pun koran hingga dalam bentuk digital, yaitu melalui internet.

Wawasan generasi tua tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman yang terus bergulir maju. Para orang tua harus dapat menyesuaikan zaman dalam mendidik anaknya. Pertanyaan besarnya, apa tantangan  yang dihadapi seorang anak di zaman yang serba kreatif ini? Lalu bagaimana peran orang tua dalam mempersiapkan mereka agar dapat menjelajahi zaman ini.

Beberapa hal ditawarkan oleh Bukik sebagai bekal. Wawasan lam tak lagi relevan karena perubahan selalu terjadi setiap waktunya, maka yang terpenting adalah kemampuan dalam belajar. Namun, belajar di sini tidak lagi duduk mendengarkan orang berpidato.

Makna belajar terjadi saat anak melakukan aktivitas mengembangkan karya atau informasi. Profes atau pekerjaan yang sering kali ditanyakan seorang anak lulus sekolah bukanlah menjadi hal terpenting, karena profesi dapat berubah. Maka sebaiknya fokus pada pemanfaatan kekuatan diri dalam menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Anak-anak di zaman yang kreatif ini memilih profesi tidak hanya sebagai sarana memperoleh penghasilan, melainkan guna merasakan kepuasan batin dari gaya hidup sebuah profesi yang diminatinya.

Banyak orang berkata bahwa bakat adalah sebuah potensi. Lalu para orang tua akan berusaha sekuat tenaga mengenali bakat anaknya. Untuk mengembangkan bakat ini bukanlah sesuatu yang instan, namun melalui sebuah proses yang bertahap menyesuaikan umur si anak.

Saat anak pada umur 0-7 tahun merupakan fase eksplorasi, pada umur 7-13 ialah fase belajar mendalam, lalu fase yang mengarah pada karier dimulai pada umur 13 tahun, hingga anak berumur 18 tahun dan masuk ke dalam fase karier.

·         Kelebihan

Buku ini menuangkan berbagai panduan dan cara yang praktis agar orang tua dapat mendampingi anaknya, dalam mengenali dan mengembangkan bakat anak tersebut.

·         Kekurangan

Walaupun buku ini menuangkan cara yang praktis bagi orang tua, namun ada beberapa kata yang bermakna tinggi, seperti bahasa psikolog yang sulit dimengerti oleh para pembacanya.










Komentar Via Website : 5
Aplikasi
07 Januari 2018 - 17:30:49 WIB
Always succes for all. okok://bekasikab.go.id.gl/uLN7sh
Cara Alami Mengobat Hemofilia
30 Januari 2018 - 09:45:22 WIB
informasinya sangat menarik untuk kita simak
okok://tokogamatwalatra.com/cara-alami-mengAsysyifâi- hemofilia/
Gatot Raharjo
08 Februari 2018 - 08:20:31 WIB
Semakin OK beritanya senang mengikutinya
okoks://bekasikab.go.id.gl/d15281 | okoks://bekasikab.go.id.gl/vNjvgq
okoks://bekasikab.go.id.gl/daSUR7 | okoks://bekasikab.go.id.gl/JuPimR
omequcadibur
23 Mei 2019 - 11:04:59 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Amoxicillin[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amo xicillin Online</a> xbc.pkor.basipda.bekasikab.go.id.bkb.ib okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/
aihikeep
23 Mei 2019 - 11:32:27 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Amoxicillin 500mg Capsules[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amo xil Children</a> vhr.kgfg.basipda.bekasikab.go.id.tif.zx okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)