PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Mardony Mansyur, S.Kom

RESENSI BUKU : SECRETS OF SUCCESSFUL TEENS

Redaksi | Jumat, 11 Agustus 2017 - 09:57:59 WIB | dibaca: 584 pembaca

Pengarang : Adam Khoo dan Gary Lee
Penerjemah  : Femi Olivia
Penerbit  : PT. Elex Media Komputindo
Tebal buku  : 283 halaman
Berat buku : 400 gram
Cetakan : kesatu, kedua, dan ketiga
Dimensi (pxl)  : 210 mm x 140 mm
Harga buku : Rp 75.000,00

 

        Secrets of SUCCESSFUL TEENS merupakan buku yang berisi tentang berbagai strategi menarik yang dapat dilakukan oleh para remaja untuk mengubah pola atau gaya belajar mereka sesuai dengan kepribadian remaja pada umumnya. Adam dan Gary memberikan banyak referensi bagi para remaja untuk menentukan gaya belajar yang dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini juga mampu mengembangkan kreativitas dan potensi diri para remaja dalam proses pembelajaran.

           Memberdayakan remaja dengan pola pikir dan alat untuk mencapai keberhasilan di sekolah dan dalam kehidupan adalah salah satu topik yang dikupas Adam dengan sangat menarik. Sebagai remaja berprestasi sebelumnya dan mahasiswa sendiri, Adam mengerti betapa sulitnya untuk tumbuh saat ini. Remaja menghadapi tekanan teman sebaya, omelan orang tua, guru yang kadang tidak masuk akal, beban pelajaran yang membuat stres, keadaan yang menuntut kinerja baik, dan lain-lain. Adam telah khusus menciptakan buku ini untuk membantu remaja mencapai kesuksesan dan kebahagiaan di semua bidang kehidupan mereka: studi mereka, kehidupan sosial mereka, hubungan dengan orang tua dan kinerja puncak pribadi.

          Pembahasan dalam buku mengupas tentang: mengeluarkan jiwa pemenang dari dalam diri, mengetahui kekuatan dahsyat yang dimiliki dalam diri, kepercayaan diri, kecintaan terhadap diri sendiri, uraian sebenarnya tentang penting atau tidaknya sekolah, bagaimana untuk menguasai pikiran sukses, membuat pikiran besar dan membuatnya menjadi kenyataan, menentukan kriteria teman yang membentuk dan merusak, bagaimana cara menjadikan orang tua sebagai partner, serta rahasia besar mendapat nilai A.

          Pada bagian awal, buku ini menceritakan tentang masa lalu Adam dengan keterpurukannya ketika mengenyam bangku sekolah. Ia mengungkapkan lika-liku pribadinya, dimulai ketika hobinya main games yang membuatnya malas dan merasa bosan ketika belajar, perolehan nilainya yang tak pernah menembus nilai C, sampai pada akhirnya ia menemukan jati dirinya yang sebenarnya saat ayahnya mengirim ia ke  perkemahan motivasi yang diselenggarakan saat liburan sekolah. Dari perkemahan itulah muncul ide baru dalam benak Adam untuk mengubah diri dan hidupnya. Ia juga memaparkan beberapa formula sukses utama: menetapkan tujuan, menggunakan strategi yang tepat, ambil tindakan, meraih sukses atau mendapatkan pengalaman belajar, tetap ubah strategi sampai meraih sukses, dan memperkuat keyakinan. 

      Pada bagian selanjutnya, para pembaca diajak untuk menggali kekuatan dahsyat serta kepercayaan diri yang ada pada diri masing-masing. Dalam bagian ini, Adam seolah menyugestikan setiap pembaca dan meyakinkan mereka bahwa masing-masing dari mereka mempunyai kekuatan dahsyat dan kepercayaan diri yang tiap waktu dapat diubah menjadi lebih baik. Adam juga memaparkan rumus untuk para remaja dalam menyelesaikan masalah mereka menjadi kesempatan untuk meraih sukses. Selain itu, ia juga memberi salah satu contoh pribadi yang lahir dengan kebutuhan khusus tetapi punya segudang prestasi.

Di dalam buku ini juga menjelaskan beberapa metode menarik dan unik dalam pembelajaran, diantaranya adalah menggunakan pohon ide kunci, peta cluster, diagram gambar, dan deret waktu. Pada bagian ini juga dipaparkan langkah-langkah melakukan setiap metode yang disesuaikan dengan kepribadian remaja yang berbeda-beda.

           Buku ini sangat menarik terutama untuk para remaja yang sedang mencari metode belajar yang cocok dengan kepribadian masing-masing. Dilihat dari sampulnya, buku ini didesain dengan corak warna yang kontras dan menarik dengan menggunakan bahasa yang komunikatif serta mudah dipahami. Pada setiap bab juga terdapat lembar atau kolom introspeksi yang komunikatif dan dapat diisi oleh si pembaca, contohnya perihal keyakinan apa saja yang membatasi, apa yang disukai dan apa yang dibenci dari diri sendiri. 

          Kendati demikian, buku ini hanya diperuntukkan untuk remaja, dikarenakan isi dari buku hanya mengupas perihal masalah remaja, bukan orang tua.

 

          Akan tetapi, secara menyeluruh, buku ini mengupas secara lengkap dan menarik tentang strategi pembelajaran yang sangat membantu remaja










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)