PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Fitri Syifah Khotimah

RESENSI BUKU : HUJAN KEPAGIAN

Redaksi | Minggu, 13 Agustus 2017 - 00:43:20 WIB | dibaca: 10403 pembaca

Pengarang  : Nugroho Notosusanto                      

Penerbit : Balai Pustaka

Tahun Terbit  : 2016

Jumlah Halaman  : vi+62 halaman 

Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri atas 6 buah cerita. Cerpen tersebut mengisahkan tentang kesaksian tentang revolusi kemerdekaan. Perlu diketahui bahwa tidak banyak karya sastra menampilkan kisah-kisah di revolusi, yang kisahnya dialami sendiri oleh pengarangnya. Perang yang diceritakan dalam cerpen tidak hanya dilihat dari sudut peristiwa yang berkaitan dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya. Dalam buku Hujan Kepagian ini juga bisa dilihat banyak sisi yang lebih manusiawi. Pengarangnya sendiri juga terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan saat menjadi anggota tentara pelajar.

Jenis Buku, Pada buku Hujan Kepagian merupakan cerita nonfiksi karena pengarang mengisahkan kesaksian tentang revolusi kemerdekaan yang telah dialami oleh pengarang itu sendiri.

 

Keunggulan Isi Buku

1.      Organisasi Buku, Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik. Dalam buku ini antara satu  peristiwa dengan peristiwa lainnya terdapat keterkaitan sehingga mampu menarik pembaca.

2.      Isi Buku, dilihat dari isinya ceritanya sangat unik, menarik sehingga layak untuk dibaca.

3.      Bahasa, dilihat dari segi bahasa yang digunakan pengarang sederhana, akan tetapi memikat. Kalimat- kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga mudah dipahami.

 

Kelemahan buku ini adalah kebiasaan pengarang menggunakan beberapa kosakata Belanda,sehingga pembaca kurang memahami arti kata tersebut. Nilai Buku, Hal yang perlu kita petik dari buku kumpulan cerpen ini adalah hendaklah kita berjuang dengan hati yang suci dan tulus. Kita berjuang dengan hati yang tulus untuk mempertahankan kehidupan bernegara dan berbangsa Indonesia.

Kesimpulan : Buku kumpulan cerpen “Hujan Kepagian” ini cukup menarik, karena buku ini menceritakan kesaksian tentang revolusi kemerdekaan. Dan hanya sedikit karya sastra yang menampilkan kisah-kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh si pengarang. Selain itu,  buku ini juga memilliki amanat yang mengajak kita generasi muda untuk tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa ini dan selalu berbuat baik.

 

 










Komentar Via Website : 1
ahievoogaxa
10 Mei 2019 - 12:09:06 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Amoxicillin 500mg Capsules[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amo xicillin 500mg Capsules</a> xil.pmwy.basipda.bekasikab.go.id.dja.hi okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)