PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Putri Dwi Santana

Resensi: Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia

Redaksi | Senin, 11 Desember 2017 - 13:07:32 WIB | dibaca: 1031 pembaca

Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Peranannya akan lebih besar dan bersifat menentukan manakala dalam kegiatan-kegiatan jasa di masyarakat itu terdapat kompetisi dalam usaha merebut pasaran atau langganan.

Pembahasan masalah pelayanan umum, dimulai dari Bab 1, membahas pengertian masyarakat dan kepentingan umum, karena keduanya ada kaitan erat, dan menjadi sasaran utama dalam penyelenggaraan pelayanan  umum. Timbulnya pelayanan umum disebabkan oleh adanya kepentingan umum di masyarakat. Pelayanan umum itu sendiri bukanlah sasaran suatu kegiatan, melainkan ia merupakan suatu proses untuk mencapai sasaran tertentu yang telah ditetapkan.

Bab 2 membahas pelayanan umum dalam hubungan dengan hak dasar warga Negara dan hak asasi manusia. Pembahasan hak dasar dan hak asasi ini perlu karena layanan itu ternyata menjadi hak dalam pemenuhan atas hak dasar dan hak asasi.

Bab 3 membahas hubungan antara pelayanan umum dan administrasi perkantoran. Pembahasan ini kami anggap perlu karena sistem administrasi perkantoran  sangat berpengaruh terhadap penye-lenggaraan pelayanan. Pada dasarnya penyelenggaraan administrasi perkantoran yang tertib, lancar, dan efisien sangat membantu pada kelancaran pelaksanaan pelayanan yang dampaknya akan memberikan kepuasan pada masyarakat yang dilayani.

Bab 4 membahas tentang faktor pendukung yang harus dimiliki oleh pelayanan umum, ada 6 faktor yang dibahas dalam bab ini. Keenam faktor tersebut mempunyai peranan berbeda tetapi saling berpengaruh. Jika faktor tersebut bisa dijalankan secara bersama-sama akan mewujudkan pelaksanaan pelayanan yang baik.

Bab 5 membahas tentang motif, dorongan, dan tingkah laku. Tingkah laku dalam pelayanan adalah hal yang sangat penting karena ia merupakan syarat dasar agar pelaksanaan fungsi layanan dapat berjalan dengan baik dan diterima oleh masyarakat yang bersangkutan dengan hasil yang memuaskan.

Kemudian Bab 6 sebagai bab terakhir membahas masalah manajemen pelayanan umum, baik dari segi aktivitas manajemennya maupun dari segi penanggung jawab penyelenggaraan manajemen pelayanan umum di Indonesia serta sasaran yang harus dicapai.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)