PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Oleh : FERRY RINALDO, S.ST

SIRKULASI PERPUSTAKAAN

Redaksi | Selasa, 24 Januari 2017 - 10:29:25 WIB | dibaca: 1900 pembaca

Sirkulasi perpustakaan merupakan salah satu aspek yang langsung berhubungan dengan pengguna perpustakaan baik dalam hal pemprosesan peminjaman dan pengembalian buku / bahan pustaka. Menurut Soetminah, perpustakaan, kepustakaan dan pustakawan (Yogyakarta : Kanisisus, 1992) sirkulasi juga berperan penting terhadap semua bentuk kegiatan pencatatan yang berhubungan dengan pemanfaatan, penggunaan koleksi perpustakaan dengan tepat waktu untuk kepentingan pemakai jasa perpustakaan.
Pada bidang perpustakaan di Badan Arsip dan perpustakaan sendiri sirkulasi perpustakaan telah diterapakan dalam beberapa bagian, sebagai berikut :
  1. Pendaftaran pengunjung; Pendaftaran pengunjung berupa langkah awal bagi pengguna atau pemustaka dalam hal kunjungan ke perpustakaan yaitu dengan cara mengisi buku daftar hadir sebagai data bagi pustakawan dalam pendataan terhadap pengguna atau pemustaka yang nantinya dapat menggunakan buku di perpustakaan.
  2. Prosedur peminjaman; Dalam hal prosedur peminjaman, pengguna harus melengkapi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh pustakawan yaitu berupa : Foto copy ktp / kartu pelajar; 1 lembar foto warna 2 x 3; dan Mengisi form pendaftaran yang telah disediakan petugas pada aplikasi Inlislite dengan dibantu oleh petugas.
  3. Pemungutan denda; Pemungutan denda dilakukan apabila si pengguna atau pemustaka telat mengembalikan buku dari waktu yang ditelah ditetapkan oleh petugas atau pustakawan.
  4. Baca ditempat; Proses baca ditempat dapat dilakukan bagi pengguna yang telah menjadi anggota maupun non anggota dengan syarat utama yaitu mengisi data pada buku daftar hadir.
  5. Pinjam antar perpustakaan; Merupakan system kerjasama antar perpustakaan yang bergunakan sebagai wadah untuk berbagi informasi kepada pengguna yang kesulitan dalam pencairan data yang tidak terdapat pada perpustakaan tertentu dan dapat disarankan atau diarahkan ke perpustakaan yang telah mejadi mitra agar dapat menemukan bahan pustaka yang dibutuhkan.
  6. Pembuatan statistic; Pembuatan statistic berhubungan dengan pendataan terhadap segala bentuk sirkulasi yang telah dilaksanakan, seperti pembuatan data jumlah pengunjung, jumlah buku yang dipinjam berserta jumlah peminjam buku berdasarkan kategori umur dan jenis buku.
Berdasarkan buku pedoman perpustakaan perguruan tinggi (2004 : 6) pelayanan sirkulasi adalah kegiatan melayangkan koleksi perpustakaan terhadap para pemakai ataupun pengguna perpustakaan. Adapun peraturan mengenai pemakaian dan peminjaman koleksi yang mengatur ialah sebagai berikut :
  1. Siapa saja yang boleh memakali fasilitas perpustakaan;
  2. Syarat-syaratnya apa saja;
  3. Hak-haknya apa saja;
  4. Lama jangka waktu peminjaman;
  5. Banyaknya koleksi bahan pustaka yang boleh dipinjam keluar oleh setiap orang / anggota perpustakaan;
  6. Sanksi-sanksi bila terlambat mengembalikan pinjaman bahan pustaka ataupun bila terjadi pelanggaran terhadap peraturan perpustakaan.
Mengingat pentingnya layanan sirkulasi maka dalam pemberian layanan harus memuaskan. Hal ini bisa ditunjang dengan adanya petugas atau pustakawan yang handal serta system pelayanan yang bagus. Sirkulasi merupakan bagian yang menyangkut tentang citra perpustakaan, baik tidaknya sebuah perpustakaan berkaitan erat dengan bagaimana pelayanan sirkulasi yang diberikan kepada pemakai atau pengguna.











Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)