PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Oleh : Kahfi Ananda Giatama, S.Sos

UNFINISHED NATION (RESENSI BUKU)

Redaksi | Jumat, 07 Juli 2017 - 14:49:08 WIB | dibaca: 880 pembaca

Penulis Buku               :  Max Lane

Penerbit                       :  Djaman Baroe

Tahun                          :  2014

Halaman                      :  562 halaman

 

Buku ini merupakan buku berbahas indonesia, Buku ini memiliki permasalahan sentral mengenai Indonesia yang dinilai belum menyelesaikan revolusinya sendiri. Semakin lama revolusi tersebut tidak dituntaskan, maka korban pun senantiasa bertambah. Pernah dengar ungakapan populis seperti ini: revolusi kini memakan anaknya sendiri?

Secara implisit memang buku ini mengangkat tema kesejarahan, namun karena buku ini menggunakan pendekatan multidimensional – meminjam istilah Prof Sartono Kartodirdjo, maka buku ini juga disuguhkan kepada disiplin ilmu sosiologi karena terdapat perubahan sosial yang memberikan semangat khusus bagi rakyat untuk keluar dari penindasan nasional, karena sejatinya rakyat adalah penguasa tertinggi suatu negara dan aparatur negara hanyalah simbol untuk menjalankan roda pemerintahan.

Kelebihan yang terkandung dalam buku ini adalah ruang lingkup temporal yang diurutkan secara sistematis yang senantiasa memberikan kemudahan kepada pembaca untuk menangkap garis besar cerita yang dijelaskan oleh penulis dalam buku ini.

Penulis dalam buku ini juga menampilkan cerita secara terbuka sehingga pembaca tak usah kembali membaca ulang jika kurang paham. Hal ini dapat berpengaruh terhadap kualitas buku yang baik karena sejatinya buku yang bagus tentu disertai dengan kesimpulan yang jelas. Serta kaitan nya juga bisa berimbas kepada pembaca yang semakin beragam.

Manifestasi kepuasan atas karya dari Max Lane terhadap pemahaman tentang politik aksi massa adalah bagaimana mengalahkan kekuatan kontra revolusi dan menyelesaikan revolusi nasional yang sempat tertunda antaranya yang paling utama yang paling utama adalah porsi yang berlebihan dalam mengekspos bagaimana busuknya Orde Baru, tentu sangat disayangkan apabila bagaimana terbentuknya tim sukses dalam mendukung kebijakan dan strategi yang di terapkan oleh pemerintah Order Baru..

Singkat kata buku ini memberikan sumbangsih bagi khazanah kesejarahan Indonesia terutama sejarah politik ditutup dengan optimisme tingkat tinggi dalam menyongsong remobilisasi dan regenerasi agen pelopor serta aksi massa, menumbuhkan semangat menuntaskan revolusi nasional kembali mengudara ditengah penindasan oleh kawan dan lawan.  Seperti contohnya Lenin hingga Tan Malaka akan sangat senang melahap pustaka seperti ini, karena memiliki mazhab dan metode penyelesaian masalah yang sama. Indonesia yang sekarang ini masih memiliki pekerjaan rumah yang sudah tertunda beberapa generasi muda revolusi nasional harus segera diselesaikan daripada kembali merenggut anak sendiri. 










Komentar Via Website : 3
uiluutatzaxa
25 Mei 2019 - 00:46:48 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Buy Amoxicillin Online[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amo xicillin Purchase</a> ztq.goyh.basipda.bekasikab.go.id.aer.zo okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/
imifipohgemaq
15 Juni 2019 - 05:55:20 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Amoxicillin[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amo xicillin 500mg</a> flv.gcpm.basipda.bekasikab.go.id.jaz.sp okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/
acehoxag
15 Juni 2019 - 06:36:08 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Buy Amoxicillin Online[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amo xicillin 500 Mg</a> zur.mykr.basipda.bekasikab.go.id.auw.sz okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)