PENGUMUMAN

ARTIKEL PERPUSTAKAAN

Oleh : ACEP (Pustakawan SD Negeri Jatibaru 01)

PERPUSTAKAAN DAN PENGKATALOGAN

Redaksi | Senin, 16 Mei 2016 - 11:43:25 WIB | dibaca: 2119 pembaca

Setiap perpustakaan memiliki standar yang sama dimana melayani dan memberi pembelajaran bagi para pengunjungnya. Ada dua macam layanan perpustakaan, yaitu:
  1. Layanan teknis adalah pekerjaan perpustakaan dalam mempersiapkan buku agar nantinya dapat digunakan untuk menyelenggarakan layanan pembaca.
  2. Layanan pembaca perpustakaan dimaksudkan untuk memberikan jasa layanan kepada pembaca, yaitu anggota perpustakaan


Ada lima jenis perpustakaan, yaitu:

  1. Perpustakaan Umum, Memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, yaitu mereka yang tinggal di suatu lingkungan masyarakat tempat perpustakaan berada. Anggota perpustakaan umum tidak dipandang dari usia, jenis kelamin, ras, agama, dan sebagainya, jadi pada dasarnya sebuah perpustakaan umum harus dapat melayani anak-anak, remaja, dan orng tua dari berbagai tingkatan pendidikan. Karena itu koleksi perpustakaan umum harus lengkap, dari bahan yang bersifat rekreasi sampai bahan untuk penelitian.
  2. Perpustakaan Sekolah, Memberikan layanan kepada pembaca di sekolah meliputi murid, guru, kepala sekolah, dan staf administrasi lainya. Layanan untuk guru terutama ditekankan agar bahan pengajaran yang mereka berikan siap di perpustakaan.
  3. Perpustakaan Perguruan Tinggi, Meberikan pelayanan kepada seluruh sivitas akademika perguruan tinggi, yang terdiri atas mahasiswa, dosen, peneliti, guru besar, pimpinan, serta seluruh staf administrasi dan akademik.
  4. Perpustakaan Khusus, Memberikan pelayanan kepada sekelompok khusus, dalam bidang yang khusus pula, yang termasuk dalam kelompok khusus ini antara lain perpustakaan departemen dan perpustakaan perusahaan. Yang dilayani adalah mereka yang bekerja pada departemen dan perusahaan tersebut, contohnya perpustakaan Bank.
  5. Perpustakaan Nasional, Fungsi utamanya sebagai perpustakaan deposit, yakni menyimpan semua bahan publikasi yang pernah diterbitkan di suatu Negara, fungsi lain sebagai perpustakaan penelitian. Bahan pustaka yang harus dimiliki adalah segala macam bahan yang pernah diterbitkan.

Lima jenis perpustakaan diatas masing-masing melayani anggota yang berbeda, tetapi pada dasarnya layanan perpustakaan adalah sama yaitu memberikan bantuan kepada pembaca untuk memperoleh bahan pustaka sesuai minat dan perhatian mereka. Baik buruknya suatu perpustakaan terutama ditentukan oleh kepuasan pembaca, sedangkan kepuasan pembaca ditentukan oleh layanan yang diperolehnya dari perpustakaan.

Bagaimana dengan kegiatan pengkatalogan?? Kegiatan pengatalogan adalah proses pembuatan katalog yang merupakan kegiatan merekam data bibliografi, seperti pengarang, judul, tempat terbit, nama penerbit, jumlah halaman, dan lain sebagainya. Untuk itu pengatalog perlu mengenali dangan baik bagian-bagian sebuah buku, bagian-bagian buku terdiri dari;

  1. Kulit buku diambil dari istilah cover, biasanya terdapat judul buku. Judul pada kulit buku dalam pengatalogan tidak penting, kecuali kalau judul tersebut berbeda dengan judul yang tercantum pada halaman buku.
  2. Pada punggung buku biasanya terdapat judul buku, seperti halnya judul yang terdapat pada kulit buku. Judul pada punggung buku kemungkinan tidak sama dengan apa yang terdapat pada halaman judul
  3. Halaman kosong adalah halaman teks yang terletak setelah kulit buku di bagian depan dan dibagian belakang, halaman ini berfungsi sebagai penguat jilidan buku. Oleh karena itu, biasanya halaman kosong terbuat dari kertas yang lebih kuat (tidak mudah sobek).
  4. Halaman judul singkat terletak setelah halaman kosong dan berisi judul singkat dari buku, jadi kalau sebuah buku mempunyai judul pokok dan judul tambahan maka yang tercantum pada halaman ini adalah judul pokok saja.
  5. Judul Seri
    1. Seri Penerbit, adalah sejumlah karya berjilid yang saling berkaitan dalam subjek atau bentuk, diterbitkan oleh penerbit dengan satu judul yang merangkum, dikenal dengan istilah judul kolektif.
    2. Seri Monograf, adalah sejumlah karya monograf yang dikeluarkan oleh suatu badan dalam penampilan yang seragam.
  6. Halaman judul buku merupakan halaman yang berisi keterangan yang diberikan penerbit, antara lain judul buku, nama pengarang, dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam kepengarangan seperti penerjemah, editor, dan illustrator. Di samping itu juga berisi informasi tentang kota tempat terbit, penerbit, dan tahun terbit. Oleh karena itu, halaman judul buku merupakan halaman yang sangant penting untuk diperhatikan dalam proses pengatalogan. Halaman judul merupakan sumber informasi utama dalam mengumpulkan keterangan yang diperlukan dalam pengatalogan.
  7. Pada halaman balik judul sering kali terdapat informasi penting antara lain:
  8. Halaman persembahan biasanya terletak sebelum halaman prakata, halaman ini tidak perlu diperhatikan dalam proses pengatalogan.
  9. Kata pengantar merupakan catatan singkat yang mendahului teks, berisi penjelasan yang diberikan si pengarang kepada para pembaca. Penjelasan ini dapat berupa tujuan dan alasan penulisan buku, ruang lingkup, dan keterangan subjek yang dibahas. Sering kali kata pengantar berisi ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penulisan buku tersebut serta penjelasan tentang cetakan.
  10. Daftar isi biasanya terletak sesudah kata pengantar tetapi dapat juga terletak di bagian akhir dari buku. Daftar isi memuat judul-judul bab dan rincian berupa sub bab, dari daftar isi kita dapat melihat sekilas ruang lingkup subjek yang dibahas pengarang.
  11. Pendahuluan biasanya mengikuti daftar isi dan merupakan bab pertama dari buku, pendahulua memberi wawasan tentang subjek yang dibahas.
  12. Naskah atau teks merupakan isi buku yang disajiklan dalam bab-bab secara sistematik.
  13. Indeks buku merupakan daftar nama dan subjek secara terinci yang menunjukan kepada halaman buku tempat kata subjek atau istilah itu tercantum, indeks biasanya terletak di bagian akhir dari sebuah buku. Indeks buku sangat bermanfaat, untuk itu perlu dicatat keberadaannya di katalog.
  14. Bibliografi merupakan defter kepustakaan yang digunakan si pengarang dalam menulis buku, bagi pembaca bibliografi ini penting untuk lebih mendalami isi buku tersebut. Bibliografi biasanya terletak di bagian akhir dari buku atau pada catatan kaki. Ada 8 daerah deskripsi dari Bibliografi :
    1. Daerah judul dan keterangan penanggung jawab, terdiri atas unsur-unsur judul sebenarnya dan judul lain (termasuk judul paralel, anak judul) dan pernyataan tanggung jawab.
    2. Daerah edisi, terdiri atas unsur-unsur edisi dan pernyataan pengarang yang khusus terkait pada edisi tersebut.
    3. Daerah data khusus, daerah ini tidak digunakan untuk buku tercetak, tetapi digunakan untuk penomoran dalam terbitan berseri dan bahan non buku lainnya.
    4. Daerah penerbitan, terdiri dari unsur-unsur tempat terbit, nama penerbit dan tahun terbit.
    5. Daerah deskripsi fisik, terdiri dari unsur-unsur jumlah satuan fisik, pernyataan ilustrasi, ukuran, dan pernyataan bahan tambahan.
    6. Daerah seri, terdiri dari unsur-unsur judul seri, keterangan seri lainnya, Internasional Standard Serial Number (ISSN), nomor seri, dan setiap seri disalin dalam tanda kurung biasa.
    7. Daerah catatan, meliputi hal-hal yang penting tetapi tidak dapat dinyatakan dalam daerah deskripsi sebelumnya. Pencatatannya dimulai pada paragraf baru dalam deskripsi bibliografi, pengatalog bebas dalam menentukan mengenai apa yang dimasukkan dalam daerah catatan.
    8. Daerah nomor standar (ISBN), terdiri dari nomor ISBN (International Standard Book Number) dan harga buku tersebut.
  15. Glossary merupakan daftar kata-kata atau istilah yang dianggap masih asing bagi pembaca pada umumnya atau masih perlu penjelasan, glossary biasanya terletak pada akhir sebuah buku.
  16. Kolofon adalah keterangan yang terdapat pada bagian akhir dokumen yang memberikan informasi tentang salah satu keterangan berikut yaitu judul, pengarang, penerbit, pencetak, tahun penerbitan atau pencetakan, dan informasi lainnya.
  17. Nomor halaman dari sebuah buku biasanya terdiri dari angka romawikecil dan angka arab, angka romawi kecil digunakan pada penomoran halaman kata pengantar sampai dengan daftar isi sedangkan untuk bab-bab pendandahuluan sampai akhir biasanya digunakan angka arab.

Ketika pelayanan kepada pengunjung sudah baik, lalu bagaimana dengan sirkulasi bahan pustaka?? Pasti masih banyak yang bertanya. Bagian sirkulasi menyangkut masalah peredaran bahan-bahan perpustakaan yang dimiliki oleh perpustakaan dengan para pemakainya, yang dibahas adalah masalah peminjaman, misalnya bahan-bahan yang boleh dipinjam, jangka waktu peminjaman, jam buka perpustakaan, dan statistic untuk membuat laporan perpustakaan. Umumnya perpustakaan meminjamkan buku hanya pada masyarakat di lingkungan perpustakaan. Jenis bahan yang boleh dipinjam ada yang terbatas pada buku-buku saja, ada pula yang meminjamkan majalah, pamflet, atau bahan-bahan pustaka lainnya. Untuk melancarkan pekerjaan bagian sirkulasi perlu dibuatkan buku petunjuk yang memuat keterangan mengenai:

  1. Peraturan penggunaan bahan perpustakaan.
  2. Macam-macam bahan yang boleh dan tidak boleh dipinjamkan.
  3. Kebijaksanaan mengenai masalah lewat waktu, uang denda, dan penggantian buku-buku yang hilang atau rusak.
  4. Keterangan mengenai jam buka perpustakaan.
  5. Keterangan mengenai tanda-tanda pada bahan pustaka.
  6. Keterangan lain-lain yang dianggap perlu untuk diketahui petugasbagian sirkulasi, petugas bagian lain, atau para peminatnya.

Adapun pekerjaan utama bagian sirkulasi ada tujuh, yaitu:
  1. Pendaftaran peminjam.
  2. Prosedur peminjaman.
  3. Pemungutan denda.
  4. Pengawasan buku-buku tandon (reserves books).
  5. Perpanjangan waktu.
  6. Statistik peminjaman.
  7. Pinjam antar perpustakaan.
 
 










Komentar Via Website : 22
MichaelsokXP
27 Februari 2019 - 13:52:03 WIB
generic cialis free samplecialis trial packs express shippingbuy cialis procialis and flomax together <a href="okoks://skylensnw.com/">Buy cialis 40 mg</a>
okoks://skylensnw.com
okoks://toledobendclassifieds.com/blog/author/mcclurel entz1/
okok://xurl.es/2jke9
okok://sw.dtri.com/qtoa /index.php?qa=user&qa_1=catesibrahim1
MichaelsokXP
27 Februari 2019 - 19:57:39 WIB
what is the cost of cialis at costcocheap cialis pricesprescription cialis walmart costbuy cialis 20 mg discrete <a href="okoks://skylensnw.com/">Buy cialis 40 mg</a>
okoks://skylensnw.com
okok://cutt.us/oHgzw
okoks://kristoffersenlentz1.pi cturepush.com/profile
okoks://buyandsellhair.com/autho r/raymondphilipsen3/

okok://moore47graham.blog.fc2.com/blog-entry-1.html
nokok://www.techytape.com/story/224056/#discuss
okok:/ /www.2tontos.com/index.php?qa=user&qa_1=lorentsen80ho lland
MichaelsokXP
28 Februari 2019 - 08:21:35 WIB
cialis profeti onalcialis sale collection;governmentalJurisdictionsacquisto cialis nelle filippinecost of 30 day supply of cialis <a href="okoks://skylensnw.com/">Buy cialis 10mg</a>
okoks://skylensnw.com
okok://www.ahipoker.com/index.php?qa=user&qa_1=ibr ahimbjerregaard6
okok://c-way.com.ua/index.php?subacti on=userinfo&user=EliasenLentz9
okoks://funsilo.dat e/wiki/Cialis20mgeffects

okok://www.onblast.us/index.php?qa=user&qa_1=risag er80skipper
okok://markweblinks.xyz/story.php?title=al l-merchandise-in-cialis-category-2#discuss
okoks://www .kickstarter.com/profile/1330076787/about
EllExiqueKC
28 Maret 2019 - 13:06:20 WIB
No Prescription Meds Cialis 5 Mg 28 Compresse Costo Cialis 5 Posologia [url=okok://rxbill8.com]generic cialis[/url] Are Canadian Viagra Sold Online Safe?
jayokaso
08 April 2019 - 16:52:31 WIB
[url=okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/]Buy Amoxicillin[/url] <a href="okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/" ;>Amoxicillin</a> yuo.qext.basipda.bekasikab.go.id.qmj.be okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
ilotawayuaz
08 April 2019 - 17:20:30 WIB
[url=okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/]Buy Amoxicillin Online[/url] <a href="okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/" ;>Amoxicillin</a> fil.tszs.basipda.bekasikab.go.id.ata.pc okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
omugaxue
09 April 2019 - 09:48:09 WIB
[url=okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/]Amoxicilli n Without Prescription[/url] <a href="okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/" ;>Amoxicillin Online</a> nps.tmys.basipda.bekasikab.go.id.wbm.rz okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
idisecor
09 April 2019 - 10:29:32 WIB
[url=okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/]Amoxicilli n Without Prescription[/url] <a href="okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/" ;>18</a> hsp.xkvt.basipda.bekasikab.go.id.rds.cj okok://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
irohiri
04 Juni 2019 - 23:03:51 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Amoxicillin 500 Mg[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amo xicillin 500mg</a> xun.fwll.basipda.bekasikab.go.id.qpg.ej okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/
fqiojipi
04 Juni 2019 - 23:40:05 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Amoxicillin Purchase[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amo xicillin 500</a> zwi.yoaq.basipda.bekasikab.go.id.gtv.ja okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)