PENGUMUMAN

KOLOM LITERASI

Indri Septiani

Resensi : SEMPURNA

Redaksi | Rabu, 27 Desember 2017 - 11:27:33 WIB | dibaca: 3489 pembaca

ISI                              :   

Judul Buku                  : SEMPURNA

Pengarang                   : Novanka Raja

Penerbit                       : Euthenia

Tahun                           : 2016

Cetakan                        : III

Jumah Halaman         : iv+176 halaman

Desain Sampul          : Oesman M

Ukuran Buku              : 13 x 19 cm

Clarissa, seorang wanita mandiri, cantik, cerdas, enerjik, dan menurut teman-temannya ia sempurna. Namun hanya satu kekurangan Clarissa, yaitu status dia yang masih jomblo di usianya yang ke-28 tahun. Menurutya, kejombloan tersebut mungkin dikarenakan dia sibuk dengan pekerjaan sebagai redaktur majalah ternama yang menyita waktu. Atau mungkin saja karena dia memang seorang perfeksionis seperti yang teman-temannya bilang. Hingga pada suatu hari, Clarissa bertemu dengan pemuda tampan. Bahkan sampai bertemu dua kali secara tidak sengaja ditempat makan yang berbeda. Namanya Arka. Ia merupakan seorang lelaki yang sangat tampan, baik dan romantis. Clarissa bersama dengan teman-temannya pertama kali bertemu dengan Arka di Puncak Bogor pada saat ingin makan malam. Pada saat itu susasana sedang hujan lebat dan Clarissa lupa membawa payung di mobilnya. 

Tiba-tiba datangalah Arka yang keluar dari mobil tersebut dengan membawa payung. Sontak membuat Clarissa dan teman-temannya kagum dengan ketampanan Arka. Dan pertemuan kedua kalinya saat Clarissa bertemu dengan Arka di tempat makan yang sama. Pada saat itu Arka mengundang Clarissa untuk datang ke Gandaria City pada hari Minggu. Sejak pertemuan singkat itu, kini Clarissa dan Arka lebih sering berkomunikasi lewat telepon. Di waktu lainnya, Clarissa juga mengenali lelaki bernama Reza, salah satu partner kerjanya. Lelaki itu pecinta alam, pecinta anak-anak, sopan, dan agak pemalu. Di lubuk hatinya yang paling dalam Clarissa ingin mengakhiri kejombloannya apalagi salah satu sahabatnya yang bernama Tere akan melangsungkan pernikahan. Namun, Clarissa harus melalui lika-liku dunia cintanya hingga menemukan lelaki yang tepat dan melengkapi hidupnya dengan sempurna.

·         Kekurangan

Dalam novel yang berjudul SEMPURNA ini masih ada penulisan yang salah dan tidak mencantumkan secara rinci berat dari novel tersebut, serta beberapa cerita dalam novel ini masih bersifat menggantung dalam artian belum dituntaskan. Sehingga membuat pembaca sedikit kurang puas. Untuk covernya masih biasa saja atau masih kurang menarik. Seharusnya untuk cover bisa diganti dengan gambar yang lebih menarik lagi, sehingga terkesan cocok dengan apa yang dipaparkan dalam isi novel tersebut. Lalu bahan kertas yang digunakan dalam pembuatan cover tersebut, saya rasa kurang bagus sehingga membuat cover dari novel tersebut mengkelupas di bagian ujung atas dan bawah. Untuk penomeran halaman dalam novel ini juga tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Misalnya saja pada halaman i-iv dimana untuk halaman selanjutnya tidak dimulai dengan halaman 1 tetapi berlanjut ke halaman 5 dan seterusnya.

·         Keunggulan

Dari segi isi bacaannnya ringan, mengalir serta manis. Menjabarkan apa arti cinta sejati untuk pasangan hidup maupun sahabat. Serta ditulis dengan gaya bahasa sederhana dan sarat akan pesan. Apalagi di bagian awal dan akhir novel, kita akan menemukan kata-kata bijak dan pesan moral mengenai apa yang hampir semua orang rasakan yaitu mengenai jatuh cinta. Untuk segi pengeleman sudah bagus ditambah lagi dengan jenis kertas yang digunakan dalam isi novel tersebut juga dirasa cocok dengan suasana yang digambarkan dalam cerita.

·         Simpulan

Novel yang diangkat dari kisah fresh romance yang menceritakan tentang kisah cinta Clarissa dimana pada akhirnya diusianya yang ke-28 tahun ia berhasil menemukan sosok yang bisa melengkapi hidupnya dengan Sempurna yaitu dengan Reza, partner kerjanya yang ia kenal sejak melakukan pekerjaan bareng di Ujung Kulon. Hal ini tentu membuat kita memahami Tuhan selalu memiliki rencana bahwa jodoh bukanlah tentang kapan atau siapa, tetapi tentang kesadaran hati untuk meyempurnakan cinta yang hadir.










Komentar Via Website : 21
iqulopojem
08 Juni 2019 - 23:57:24 WIB
[url=okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/]Amoxicillin[/url] <a href="okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Buy Amoxicillin</a> tuc.fphn.basipda.bekasikab.go.id.lcu.pl okok://mewkid.net/buy-amoxicillin/
Awal Kembali 123 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)